CANDRADITYA, Habsari and IDRIS, Idris,(31 May 2013), ANALISIS PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Produk Flazz BCA di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Uang elektronik merupakan salah satu produk yang sedang dikembangkan
oleh Bank Indonesia untuk menjadi alat pembayaran di masyarakat. Namun,
minat masyarakat untuk menggunakan produk ini masih dinilai minim. Salah satu
produk uang elektronik yang beredar adalah Flazz BCA. Kartu Flazz BCA pada
saat ini telah mengembangkan produknya menjadi kartu multifungsi, yaitu kartu
yang tidak hanya dapat berfungsi sebagai alat pembayaran uang elektronik
melainkan dapat digunakan sebagai kartu identitas. Fungsi ini mulai
diimplementasikan di lingkungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas
Diponegoro pada pertengahan tahun 2012. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui minat mahasiswa untuk menggunakan Kartu Flazz BCA bukan hanya
sebagai kartu identitas melainkan juga sebagai alat pembayaran transaksi
ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu
pengetahuan produk, persepsi manfaat, serta kesesuaian harga terhadap minat
menggunakan sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa
FEB UNDIP dengan jumlah sampel sebanyak 125 responden yang diambil
menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk pengolahan data
dilakukan dengan menggunakan salah satu alat bantu yaitu software SPSS
(Statistical Program for Social Science) versi 16. Analisis ini meliputi uji
validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolineritas, uji
heteroskedastisitas, analisis linier berganda, uji-F, uji-t, serta uji koefisiensi
determinasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel memiliki
nilai koefisiensi positif namun tidak semua variabel bebas memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap variabel terikat. Variabel kesesuaian harga memiliki
pengaruh terbesar yang mempengaruhi variabel minat menggunakan karena
memiliki nilai koefisiensi regresi terbesar yaitu 0,368. Variabel persepsi manfaat
memberikan pengaruh terbesar kedua terhadap minat menggunakan karena
memiliki koefisiensi regresi sebesar 0,262. Sedangkan variabel pengetahuan
produk memiliki pengaruh terkecil karena memiliki nilai koefisiensi regresi
terkecil yaitu sebesar 0,105.
Keywords : | Product knowledge, perceived of usefulness, suitability price, intention to use, Pengetahuan produk, persepsi manfaat, kesesuaian harga, minat menggunakan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 03:44 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 03:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6407 |