ANALISIS PENGARUH HARGA, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI, DAN WORD OF MOUTH DALAM PERILAKU BRAND SWITCHING PADA MINUMAN BERSODA COCA-COLA KE BIG COLA

FIRDAUS, Muhammad Irfan and RAHARDJO, Mudji,(December 2014), ANALISIS PENGARUH HARGA, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI, DAN WORD OF MOUTH DALAM PERILAKU BRAND SWITCHING PADA MINUMAN BERSODA COCA-COLA KE BIG COLA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S- Fulltext PDF Bookmarks- 12010110130198.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perpindahan merek merupakan salah satu objek yang menarik untuk diteliti. Perusahan perlu mengetahui apa saja yang memotivasi konsumen untuk beralih menggunakan produk dari pesaing. Terutama untuk jenis pasar minuman berkarbonasi di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh harga, kebutuhan mencari variasi dan word of mouth terhadap pembentukan Brand Switching pada produk minuman bersoda yaitu merek Coca-Cola dan merek Big Cola. Untuk variabel independen pada penilitian ini terdiri dari harga (X1), kebutuhan mencari variasi (X2), dan word of mouth (X3) serta variabel dependentnya adalah Brand Switching (Y). Sampel berjumlah 100 responden di Kota semarang yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Analisa menggunakan SPSS 21.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t, dan analisis koefisien determinasi (R²). Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi : Y = 0,314X1 + 0,226 X2 + 0,228 X3 Harga menunjukkan koefisien regresi paling besar sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel tersebut adalah faktor yang paling penting yang mempengaruhi brand switching pada produk minuman ringan berkarbonasi. Faktor yang paling berpengaruh kedua adalah word of mouth, diikuti oleh Kebutuhan mencari variasi. Koefisien determinan (adjusted R2 ) sebesar 0,557 atau 55,7 persen yang menggambarkan bahwa model koefisien determinasi sudah memenuhi standart dari uji. Ketiga variabel independen dalam penelitian ini dapat menjelaskan 55,7 persen dari variabel brand switching. Sedangkan sisanya sebesar 44,3 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : Price, Need for Variation, Word of Mouth, Brand Switching, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi, Word of Mouth, Brand Switching
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 09 Oct 2020 09:16
Last Modified: 09 Oct 2020 09:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7125

Actions (login required)

View Item
View Item