FIRDAUS, Muhammad Irfan and RAHARDJO, Mudji,(December 2014), ANALISIS PENGARUH HARGA, KEBUTUHAN MENCARI VARIASI, DAN WORD OF MOUTH DALAM PERILAKU BRAND SWITCHING PADA MINUMAN BERSODA COCA-COLA KE BIG COLA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (118kB)
Download (118kB)
Text
Download (198kB)
Download (198kB)
Text
Download (102kB)
Download (102kB)
Text
Download (332kB)
Download (332kB)
Text
Download (321kB)
Download (321kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Perpindahan merek merupakan salah satu objek yang menarik untuk
diteliti. Perusahan perlu mengetahui apa saja yang memotivasi konsumen untuk
beralih menggunakan produk dari pesaing. Terutama untuk jenis pasar minuman
berkarbonasi di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh harga,
kebutuhan mencari variasi dan word of mouth terhadap pembentukan Brand
Switching pada produk minuman bersoda yaitu merek Coca-Cola dan merek Big
Cola. Untuk variabel independen pada penilitian ini terdiri dari harga (X1),
kebutuhan mencari variasi (X2), dan word of mouth (X3) serta variabel
dependentnya adalah Brand Switching (Y).
Sampel berjumlah 100 responden di Kota semarang yang diambil dengan
menggunakan teknik Purposive sampling. Analisa menggunakan SPSS 21.0 yang
meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda,
pengujian hipotesis melalui uji F dan uji t, dan analisis koefisien determinasi (R²).
Dari analisis tersebut diperoleh persamaan regresi :
Y = 0,314X1 + 0,226 X2 + 0,228 X3
Harga menunjukkan koefisien regresi paling besar sehingga dapat
disimpulkan bahwa variabel tersebut adalah faktor yang paling penting yang
mempengaruhi brand switching pada produk minuman ringan berkarbonasi.
Faktor yang paling berpengaruh kedua adalah word of mouth, diikuti oleh
Kebutuhan mencari variasi. Koefisien determinan (adjusted R2
) sebesar 0,557 atau
55,7 persen yang menggambarkan bahwa model koefisien determinasi sudah
memenuhi standart dari uji. Ketiga variabel independen dalam penelitian ini dapat
menjelaskan 55,7 persen dari variabel brand switching. Sedangkan sisanya
sebesar 44,3 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang
digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | Price, Need for Variation, Word of Mouth, Brand Switching, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi, Word of Mouth, Brand Switching |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 09:16 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 09:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7125 |