ANALYSIS OF CAUSE RELATED MARKETING APPLICATION ON DOVE SISTERHOOD PROGRAM TOWARD BRAND LOYALTY OF DOVE HAIRTHERAPY IN SEMARANG

FIRMANSYAH, Aditya and DIRGANTARA, I Made Bayu,(18 June 2010), ANALYSIS OF CAUSE RELATED MARKETING APPLICATION ON DOVE SISTERHOOD PROGRAM TOWARD BRAND LOYALTY OF DOVE HAIRTHERAPY IN SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmark-C2A006008.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Cause Related Marketing (CRM) pada program Dove Sisterhood terhadap loyalitas merek Dove HairTherapy. Variabel CRM yang digunakan dalam riset ini berdasar pada model penelitian dari Douwe van de Brink tahun 2006 yang terdiri atas empat variabel independen antara lain kesesuaian, durasi, investasi sumber daya, dan keterlibatan manajemen, dan satu variabel dependen yaitu loyalitas merek. Keterlibatan konsumen juga dimasukkan dalam model sebagai variabel moderasi. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dari 100 responden wanita yang juga merupakan konsumen Dove HairTherapy di Semarang. Dua model regresi digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis regresi model pertama menunjukkan bahwa semua variabel CRM (kesesuaian, durasi, investasi sumber daya, dan keterlibatan manajemen) secara signifikan mempengaruhi loyalitas merek. Hasil analisis regresi model kedua dengan keterlibatan konsumen sebagai variabel moderasi menunjukkan bahwa variabel keterlibatan manajemen tidak dapat dimoderasi oleh keterlibatan konsumen, sedangkan tiga variabel lainnya secara signifikan dapat dimoderasi oleh keterlibatan konsumen. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa dari keempat faktor yang mempengaruhi kesuksesan CRM, durasi merupakan faktor yang paling pengaruh. Dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin lama durasi program CRM, maka program tersebut dapat berjalan lebih sukses.
Keywords : cause related marketing, congruency, duration, resource invested, management involvement, consumer involvement, brand loyalty, cause related marketing, kesesuaian, durasi, investasi sumber daya, keterlibatan manajemen, keterlibatan konsumen, loyalitas merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:47
Last Modified: 15 Oct 2020 06:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item
View Item