AFRIANTI, Lusiana and SOFIAN, Syuhada,(9 February 2012), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN SISWA PADA MADRASAH ALIYAH AL FALAH DI KOTA JEPARA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (48kB)
Download (48kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (60kB)
Download (60kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (35kB)
Download (35kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (555kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (555kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh manfaat yang dirasakan
dan hubungan pelanggan terhadap kepuasan siswa. Penggunaan variabel-variabel
tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pad a Madrasah Al Falah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi jumlah siswa dan
adanya keluhan dari para siswa, yang mengindikasikan adanya kepuasan siswa
yang relatif rendah, hal tersebut mampu menurunkan jumlah calon siswa yang
akan masuk. Oleh karena itu Madrasah Aliyah Al Falah perlu memperhatikan
tingginya fluktuasi siswa dan keluhan siswa melalui peningkatan manfaat yang
dirasakan serta pembentukan hubungan pelanggan yang kuat agar pelanggan
semakin puas dengan layanan Madrasah Aliyah Al Falah, sehingga mampu
meningkatkan animo masyarakat untuk sekolah di Madrasah Aliyah Al Falah.
Sampel penelitian ini adalah siswa Madrasah Al falah, sejumlah 85
orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan
kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien
regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara
bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji
asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji
heteroskedastisitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan
dan hubungan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya fluktuasi jumlah siswa dan
keluhan dari para siswa yang mengindikasikan adanya ketidakpuasan siswa. Oleh
karena itu madrasah aliyah Al Falah perlu memperhatikan tingginya fluktuasi dan
keluhan para siswa melalui peningkatan hubungan pelanggan serta pembentukan
manfaat yang dirasakan agar siswa semakin puas dengan layanan Al Falah.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan
siswa Madrasah Al Falah, manajemen Al Falah perlu memperhatikan faktorfaktor seperti manfaat yang dirasakan dan hubungan pelanggan, karena faktorfaktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan siswa. Dari
hasil perhitungan, variabel manfaat yang dirasakan dan hubungan pelanggan
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan siswa.
Keywords : | perceive benefit, customer relationship, and customer satisfaction, Manfaat yang dirasakan, hubungan pelanggan, dan kepuasan siswa |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 07:22 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 07:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7460 |