DANANJAYA, Raditya Maharsyi and WARIDIN, Waridin,(10 May 2012), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI ULANG PELANGGAN MASKAPAI BATAVIA AIR DI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (25kB)
Download (25kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (21kB)
Download (21kB)
Text (Abstract (Indonesia))
- Published Version
Download (21kB)
Download (21kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (107kB)
Download (107kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Dunia bisnis mulai memperhatikan pentingnya membina hubungan dengan
pelanggan. Menurut Neal (1998), salah satu konsep yang diyakini dapat mewujudkan
loyalitas pelanggan selama ini adalah dengan menemukan nilai yang diinginkan
pelanggan (customer value). Oleh karena itu, setiap perusahaan dituntut bersaing secara
kompetitif dalam hal menciptakan dan mempertahankan minat membeli ulang oleh
pelanggan, yaitu melalui kebijakan penetapan harga yang layak serta kualitas pelayanan
yang tinggi sehingga dapat menciptakan nilai pelanggan yang semakin baik. Selain itu,
diperlukan pula penciptaan pengalaman oleh pelanggan yang baik melalui nilai
pengalaman (experiential value). Zarem (2000) menyatakan bahwa pengalaman
merupakan dasar perekonomian baru untuk semua industri.
Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dikembangkan adalah
bagaimana meningkatkan minat beli ulang pelanggan maskapai Batavia Air. Penelitian ini
bertujuan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, nilai pengalaman
intrinsik, daya tarik produk bersama dengan nilai pelanggan serta perasaan emosional
terhadap minat beli ulang. Data dikumpulkan dari pelanggan Batavia Air Bandara Ahmad
Yani Semarang. Model penelitian yang dikembangkan terdiri dari 7 variabel dengan 6
hipotesis yang akan diuji. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis
SEM (Structural Equation Modelling) melalui program AMOS dengan jumlah responden
161.
Dari analisis data, model penelitian ini memenuhi kriteria model fit meskipun
untuk GFI, AGFI, TLI, dan CFI diterima secara marjinal. Dari hasil pengujian hipotesis
yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa kualitas pelayanan, persepsi harga, nilai
pelanggan, nilai pengalaman intrinsik, dan perasaan emosional berpengaruh secara
signifikan terhadap minat beli ulang dengan nilai CR lebih besar dari 1.96. Sedangkan
daya tarik produk berpengaruh secara tidak signifikan terhadap perasaan emosional
dengan probability di atas 0.05.
Keywords : | Repurchase intention, customer value, emotional feelings, service quality, perceived price, experiential value, product appeal, Minat beli ulang, nilai pelanggan, perasaan emosional, kualitas pelayanan, persepsi harga, nilai pengalaman, daya tarik produk |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 03:08 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 03:08 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7489 |