IRMANDA, MC. Sukma and SUGIYANTO, Fransiscus Xaverius,(7 July 2012), ANALISIS PENGARUH KEBERAGAMAN PROGRAM WISATA, MUTU PROGRAM WISATA, DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DALAM MENINGKATKAN POSITIF WORDS OF MOUTH (Studi pada Agrowisata Kebun Buah Plantera Fruit Paradise, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (172kB)
Download (172kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (151kB)
Download (151kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (151kB)
Download (151kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (158kB)
Download (158kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (284kB)
Download (284kB)
Text (Fulltaxt PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ada atau tidaknya pengaruh
yang signifikan antara keberagaman program wisata, mutu program wisata, dan
mutu pelayanan terhadap kepuasan wisatawan sehingga mampu meningkatkan
positif words of mouth (WOM). 100 wisatawan Agrowisata Kebun Buah Plantera
Fruit Paradise digunakan sebagai sampel. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner kemudian data dianalisis dengan
menggunakan regresi berganda pada program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pelayanan, mutu program
wisata, keberagaman program wisata mempengaruhi kepuasan pelanggan dan
positif WOM secara positif dan signifikan. Mutu pelayanan merupakan faktor
yang sangat mempengaruhi kepuasan wisatawan. Oleh karena itu Agrowisata
Kebun Buah Plantera Fruit Paradise harus meningkatkan pelayanan kepada
wisatawan jika ingin kepuasan pelanggan meningkat dan word of mouth yang
positif dapat tercipta.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa positif WOM dan kepuasan
wisatawan dapat ditingkatkan jika wisatawan mendapatkan mutu pelayanan yang
terbaik dari pemandu wisata, selain itu kebutuhan dan ekspektasi mereka dapat
terpenuhi melalui paket wisata yang ditawarkan. Penelitian ini menyediakan
kebijakan teoritis dan manajerial serta menunjukkan pengembangan penelitian di
masa yang akan datang.
Keywords : | service quality, programs quality, programs variety, customer satisfaction, and positive word of mouth, Mutu Pelayanan, Mutu Program Wisata, Keberagaman Program Wisata, Kepuasan Pelanggan, dan Word of Mouth yang Positif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 08:13 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 08:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7516 |