KHADAFI, Didi and MUDIANTONO, Mudiantono and SOFIAN, Syuhada,(29 August 2008), ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI CABANG DEMAK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (45kB)
Download (45kB)
Text (Abstract)
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Abstrak)
- Published Version
Download (198kB)
Download (198kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (69kB)
Download (69kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (247kB)
Download (247kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan riset yang dilakukan di Jakarta menunjukkan bahwa
nasabah BRI justru kurang loyal dibandingkan bank-bank pesaing. Ketika produk
bank-bank mudah ditiru, maka aspek pembeda bank-bank terletak pada aspek
pelayanan. Maka kepuasan dan loyalitas nasabah akan ditingkatkan melalui
pelayanan yang berkesan. Selain dengan meningkatkan kualitas pelayanan, untuk
menjaga dan meningkatkan loyalitas para nasabahnya, Bank BRI Cabang Demak
juga berupaya menjalin keakraban dengan nasabahnya (Customer Intimacy). Atas
dasar hal tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui “Bagaimana
meningkatkan loyalitas nasabah Bank BRI Demak melalui kualitas pelayanan
perbankan, kepuasan nasabah, dan keakraban ?”
Untuk menjawab permasalahan penelitian tersebut, data diperoleh
melalui kuesioner yang disebarkan kepada 135 nasabah Bank BRI Demak.
Selanjutnya data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis
Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil kelayakan full model yang diperoleh dengan teknik analisis SEM
adalah Chi Square = 327.469, probabilitas = 0.055, RMSEA = 0.068, GFI =
0.941, AGFI = 0.898, CMIN/DF = 1.110, TLI = 0.966, CFI = 0.956. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keefektifan dan jaminan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah, akses signifikan berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah,
keterwujudan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, portofolio jasa
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, kehandalan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah, keakraban berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas, dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Dengan berdasar pada hasil penelitian ini, terdapat beberapa implikasi
manajerial yang dapat digunakan sebagai bahan rujukan, yaitu mengembangkan
sistem informasi yang memungkinkan koordinasi antar bagian, membuat standar /
aturan pelayanan yang jelas yang dijalankan dengan penuh konsisten dan
komitmen, menambahkan sistem pengamanan CCTV, melakukan pemeliharaan /
perawatan secara berkala, menambah jumlah teller, menggunakan system antrian
elektronik di bagian customer service, menurunkan suku bunga pinjaman,
meningkatkan suku bunga simpanan, memberikan table name pada setiap bagian
transaksi, selalu mengecek kelengkapan peralatan transaksi, melakukan sosialisasi
mengenai layanan phone dan sms banking, melakukan monitoring secara berkala
kepada teller, sales, mantri, dan analis kredit, dan customer service, dan
menetapkan standar pelayanan.
Keywords : | effectiveness and assurance, access, price, fulfillment, tangible service portfolio, dependability, customer satisfaction, customer intimacy, loyalty, Keefektifan dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, portofolio jasa, kehandalan, kepuasan nasabah, keakraban, loyalitas |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 07:48 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 07:48 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7680 |