ANALISIS TINGKAT HARAPAN DAN TINGKAT KINERJA KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN PADA KEPUASAN PELANGGAN PT NUFARINDO

SUMARDIYANTO, Sumardiyanto and SUTOPO, Sutopo,(June 2011), ANALISIS TINGKAT HARAPAN DAN TINGKAT KINERJA KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN PADA KEPUASAN PELANGGAN PT NUFARINDO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (81kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PT. Nufarindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang farmasi di Semarang yang berdiri sejak tahun 30 April 1974. PT. Nufarindo merupakan perusahaan keluarga yang dikelola secara secara profesional dan senantiasa mengikuti perkembangan jaman dengan menerapkan sistem manajemen terbaru seperti The Toyota way dll. PT Nufarindo senantiasa berfokus kepada pelanggan, terbukti dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2000 (saat ini 2008) pada tahun 202. Dalam upayanya meningkatkan kompetensi di bisnis farmasi, PT Nufarindo berusaha untuk memastikan pelanggannya dengan melakukan, salah satunya, pengukutan customer satisfaction index. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana tingkat harapan dan kinerja kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Faktor-faktor apa yang perlu diperhatikan dalam kualitas produk dan kualitas layanan PT. Nufarindo terhadap kepuasan pelanggannya. Penelitian ini bercorak lapangan murni (field research) dengan jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Sumber data utama dalam penelitian ini adalah pelanggan kunci yaitu seluruh distributor PT Nufarindo yang berjumlah 27 distibutor yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali dan Sulawesi. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah IPA (Importance Performance Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan dua simpulan. Pertama, pada kualitas produk (quality of product) PT Nufarindo, para pelanggan menganggap penting pada kinerja harga produk, desain kemasan produk, bentuk fisik produk, kualitas/khasiat produk. Kedua, pada kualitas layanan (quality of delivery) pelanggan PT Nufarindo menganggap penting pada kinerja ketepatan waktu pengiriman, kemampuan dalam menangani keluhan, ketepatan jenis dan jumlah barang, kondisi barang yang diterima, dan kejelasan informasi mengenai produk baru.
Keywords : quality of product, quality of delivery , Customer satisfaction and Importance of Performance Analysis), kualitas produk, kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan Importance Performance Analysis)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:05
Last Modified: 19 Jan 2021 04:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8015

Actions (login required)

View Item
View Item