MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG

FEBRIATMOKO, Bogy and SUGIARTO, PH,SU.,(16 February 2015), MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (281kB)
[thumbnail of Abstract Ing] Text (Abstract Ing) - Published Version
Download (261kB)
[thumbnail of Abstrak Ind] Text (Abstrak Ind) - Published Version
Download (262kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (270kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (532kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, oriantasi pasar, dan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang yang berjumlah 104 industri. Dan jumlah data yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah 102 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban nilai 1 ( sangat tidak setuju sekali) sampai dengan 7 ( sangat setuju sekali ). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18 Hasil analisis data goodnes of fit index menunjukkan bahwa model penelitian mempunyai kesesuaian fit (dapat diterima). Tidak semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja. Adapaun yang ditolak adalah pengaruh antara orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada sentra usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, dimana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.
Keywords : Keywords: entrepreneurship orientation, market orientation, competitive advantage, business performance., Kata kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:13
Last Modified: 29 Jan 2021 08:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8088

Actions (login required)

View Item
View Item