FEBRIATMOKO, Bogy and SUGIARTO, PH,SU.,(16 February 2015), MENINGKATKAN KINERJA BISNIS MELALUI KEUNGGULAN BERSAING KULINER KHAS SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (281kB)
Download (281kB)
Text (Abstract Ing)
- Published Version
Download (261kB)
Download (261kB)
Text (Abstrak Ind)
- Published Version
Download (262kB)
Download (262kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (270kB)
Download (270kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (532kB)
Download (532kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, oriantasi pasar, dan
keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis. Rumusan masalah adalah
bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja bisnis.
Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah sentra usaha mikro lumpia,
bandeng presto dan wingko di Semarang yang berjumlah 104 industri. Dan jumlah
data yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah 102 industri. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan jawaban nilai 1 ( sangat tidak setuju sekali)
sampai dengan 7 ( sangat setuju sekali ). Alat analisis data yang digunakan adalah
Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 18
Hasil analisis data goodnes of fit index menunjukkan bahwa model penelitian
mempunyai kesesuaian fit (dapat diterima). Tidak semua hipotesis dapat diterima
setelah dilakukan analisis SEM. Hipotesis yang diterima adalah pengaruh
orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar terhadap
keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing terhadap kinerja. Adapaun yang
ditolak adalah pengaruh antara orientasi wirausaha terhadap keunggulan bersaing
dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis.
Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada sentra
usaha mikro lumpia, bandeng presto dan wingko di Semarang menunjukkan
bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui orientasi pasar, dimana
keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja
bisnis. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda
penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.
Keywords : | Keywords: entrepreneurship orientation, market orientation, competitive advantage, business performance., Kata kunci : Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 08:13 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 08:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8088 |