SAPUTRA, Murry Harmawan and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(22 February 2021), MEMBANGUN MODEL ENERGIZING CUSTOMERS BOND (ECB) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENJUALAN: SEBUAH PENDEKATAN BUSINESS TO BUSINESS (B2B). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (187kB)
Download (187kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (321kB)
Download (321kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (432kB)
Download (432kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (12MB) | Request a copy
Abstract
Upaya strategis untuk mengoptimalkan kinerja bisnis melalui ekspoitasi
modal relasional merupakan isu sentral dalam pengelolaan bisnis saat ini. Oleh
karena itu, membangun kerjasama yang berkelanjutan dalam suatu jejaring bisnis
yang kuat, menjadi kebutuhan yang mendasar dalam mengoptimalkan kinerja
suatu perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan penelitian
(research gap) dan inkonsistensi pada hubungan antara modal relasional dan
kinerja tenaga penjualan.
Studi ini bertujuan untuk mengekplorasi sebuah model konseptual baru,
yang menjelaskan bagaimana strategi meningkatkan kinerja tenaga penjualan
dengan menggunakan pendekatan teori yang relevan. Berdasarkan permasalahan
yang telah diidentifikasi dan diuraikan, maka teori yang dipandang relevan dan
tepat untuk digunakan sebagai dasar dalam menjelaskan dan menyelesaikan
permasalahan dalam penelitian ini adalah teori Jejaring/Network Theory dan teori
Service-Dominant Logic. Sintesa kedua teori tersebut sangat relevan dan mampu
dijadikan sebagai dasar untuk menjelaskan alasan mengapa berbagai pihak
bersedia untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi secara efektif dan
berkelanjutan, sehingga akan dapat menjelaskan kesenjangan penelitian dengan
lebih baik. Kebaruan dari penelitian ini adalah sebuah konstruksi model
konseptual, yang mengajukan energizing customers bond (ECB) sebagai variabel
intervening untuk mengatasi research gap dalam menjelaskan pengaruh antara
modal relasional pada kinerja tenaga penjualan.
Riset ini melibatkan 249 tenaga penjualan pada 16 perusahaan fast moving
consumer goods (FMCG) berskala besar di Yogyakarta, Indonesia. Proses analisis
data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS
dan model persamaan struktural (Structural Equation Model) SEM AMOS versi
22. Penerimaan hipotesis-hipotesis yang diajukan dalam studi ini menunjukkan
betapa pentingnya variabel relational capital, energizing customers bond, value�based selling, marketing program effectiveness dalam mendorong kinerja tenaga
penjualan secara efektif. ECB sebagai konstruk baru yang diajukan juga terbukti
secara meyakinkan sebagai variabel pemediasi, yang berperan penting untuk
mengisi puzzle riset gap, dengan memperjelas hubungan antara modal relasional
dan kinerja tenaga penjualan. Rerangka kebaruan penelitian ini dikembangkan dan
disintesakan dari konsep-konsep pemasaran yang relevan, sehingga studi ini
memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun manajerial.
Keywords : | relational capital, energizing customers bond, value-based selling, internal network support, marketing program effectiveness, salesperson performance, relational capital, energizing customers bond, value-based selling, internal network support, marketing program effectiveness, salesperson performance |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Murry Harmawan |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 04:52 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 04:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8232 |