KESUKSESAN HUBUNGAN PEMBELI DAN PEMASOK (Studi pada Industri Makanan dan Minuman di Jawa Tengah)

HIDAYAH, Arum Nur and RAHARJO, Susilo Toto,(26 June 2019), KESUKSESAN HUBUNGAN PEMBELI DAN PEMASOK (Studi pada Industri Makanan dan Minuman di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh berbagi informasi, perilaku ketidakpastian terhadap kepercayaan dan pengaruh berbagi informasi, perilaku ketidakpastian terhadap kinerja hubungan pembeli dan pemasok. Penelitian berangkat dari permasalahan atau kenyataan di lapangan (research problem) dan juga dari penelitian Gonzales (2001) yang menyatakan bahwa kurang dari 50% kolaborasi yang dapat mencapai kolaborasi yang sukses. Objek penelitian ini yaitu industri makanan dan minuman di Jawa Tengah. Responden penelitian ini yaitu 100 orang dari industri makanan dan minuman yang berbeda-beda di Jawa Tengah. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model kausalitas atau hubungan pengaruh. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) berbasis component atau variance atau PLS (Partial Least Square) dengan software Smart PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa berbagi informasi berpengaruh positif terhadap kepercayaan dan terhadap kinerja hubungan pembeli dan pemasok, serta perilaku ketidakpastian berhubungan negatif terhadap kepercayaan. Implikasi kebijakan yang diberikan dalam penelitian ini antara lain aspek berbagi informasi, perilaku ketidakpastian, dan kepercayaan dimana aspek-aspek tersebut harus diperhatikan oleh pembeli dan pemasok sebagai peran kolaborasi untuk meningkatkan kinerja hubungan pembeli dan pemasok.
Keywords : information sharing, behavioral uncertainty, trust, buyer supplier relationship performance, berbagi informasi, perilaku ketidakpastian, kepercayaan, kinerja hubungan pembeli dan pemasok.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 03 May 2021 07:12
Last Modified: 03 May 2021 07:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item
View Item