PRANOTO, Emilda Handayani and FERDINAND, Augusty Tae and SUGIONO, Sugiono,(27 October 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA EKSPOR UKM DI JAWA TENGAH MELALUI STRATEGI PEMASARAN EKSPOR (Studi pada UKM di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (950kB)
Download (950kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (934kB)
Download (934kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
Download (934kB)
Download (934kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (946kB)
Download (946kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seharusnya menjadi dorongan
bagi para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk lebih proaktif dalam
mempertahankan eksistensi bisnisnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa UKM adalah
salah satu mata rantai penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga
perlu mendapatkan perhatian khusus untuk mengembangkannya. Permasalahan
penelitian yang diajukan adalah bagaimana meningkatkan kinerja ekspor UKM di
Jawa Tengah melalui adopsi e-commerce, dukungan perusahaan 3PL (third party
logistics support), orientasi pasar ekspor dan strategi pemasaran ekspor. Dalam
menjawab permasalahan tersebut dikembangkan sebuah permodelan dan empat
hipotesis telah dirumuskan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah metode sampel dimana respondennya adalah pemilik atau
pengelola UKM di Jawa Tengah yang memenuhi kriteria. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah 134 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah
SEM (structural equation modeling) pada program AMOS.
Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu Chi-square
sebesar 193,647; probability 0,051; TLI 0,981; CFI 0,984; CMIN/DF 1,188;
RMSEA 0,039; GFI 0,879 dan AGFI 0,844. Berdasarkan hasil analisis data
terlihat bahwa seluruh hipotesis diterima, yaitu : (1) Semakin baik Strategi
Pemasaran Ekspor maka semakin baik Kinerja Ekspor; (2) Semakin baik
Dukungan Perusahaan Logistik maka akan semakin meningkatkan Kinerja
Ekspor; (3) Semakin tinggi Adopsi E-Commerce maka akan semakin
meningkatkan Kinerja Ekspor; (4) Semakin baik Orientasi Pemasaran Ekspor
maka akan semakin meningkatkan Strategi Pemasaran Ekspor. Penelitian ini
menghasilkan tiga strategi dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor yaitu
melalui strategi pemasaran ekspor yang dipengaruhi oleh orientasi pemasaran
ekspor, dukungan dari perusahaan logistik, dan adopsi e-commerce.
Keywords : | Small and Medium Enterprises, Export Performance, Export Marketing Strategy, Export Marketing Orientation, Logistic Company Support, and E-Commerce Adoption, : Usaha Kecil Menengah, Kinerja Ekspor, Strategi Pemasaran Ekspor, Orientasi Pemasaran Ekspor, Dukungan Perusahaan Logistik, dan Adopsi E-Commerce |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 05 May 2021 05:28 |
Last Modified: | 05 May 2021 05:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8389 |