GEMILANG, Izhhar and SOESANTO, Harry,(30 December 2021), ANALISIS PENGARUH PROMOTION DAN E-TRUST TERHADAP E-LOYALTY DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce C2C Bukalapak di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (83kB)
Download (83kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (68kB)
Download (68kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi sudah berkembang sangat pesat
sehingga mempermudah manusia untuk memperoleh informasi dalam memenuhi
kebutuhan. Salah satunya melalui jual beli online (e-commerce). Bukalapak
merupakan salah satu e-commerce terbesar tetapi mengalami penurunan dalam
pertumbuhan jumlah pengunjung dibanding pesaingnya, dengan adanya hal
tersebut maka mempertahankan loyalitas pengguna yang sudah ada merupakan hal
yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-trust dan
promotion terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervening
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB
Universitas Diponegoro yang merupakan pengguna situs e-commerce Bukalapak
dan pernah melakukan transaksi minimal 1 kali selama 1 tahun belakangan. Jumlah
sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 110 responden. Adapun
metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang didistribusikan secara
online dikarenakan keadaan pandemic yang sedang melanda dunia.Penelitian ini
menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat
analisis AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prmotion berpengaruh positif dan
signifikan terhadap e-satisfaction, e-trust berpengaruh positif dan signifikan
terhadap e-satisfaction dan e-satisfaction berpengaruh positif dan signifikan
terhadap e-loyalty. Selain itu, e-trust juga memiliki pengaruh langsung yang positif
dan signifikan terhadap e-loyalty.
Keywords : | Technology Acceptance Model, E-Trust, Promotion, E-Satisfaction, ELoyalty, Consumer Behaviour, Technology Acceptance Model, E-Trust, Promotion, ESatisfaction, E-Loyalty, Perilaku Konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Izhar Gemilang |
Date Deposited: | 07 May 2021 01:46 |
Last Modified: | 07 May 2021 01:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8437 |