PENGARUH KREDIBILITAS MEREK, PENGALAMAN MEREK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Pada Konsumen Produk Nescafe dalam Kemasan Siap Minum)

NURIKA, Shilny and SUKRESNA, I Made,(12 August 2021), PENGARUH KREDIBILITAS MEREK, PENGALAMAN MEREK DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP EKUITAS MEREK (Studi Pada Konsumen Produk Nescafe dalam Kemasan Siap Minum). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (177kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris] Text (Abstrak (Inggris) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (415kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pada Produk Nescafe dalam kemasan siap minum adalah produk Nescafe dalam kemasan siap minum pada periode 2015-2016 Nescafe masih menjadi brand nomor 1 dalam produk kopi dalam kemasan, kemudian menurun pada 2017 ke peringkat 3, dan pada periode 2018-2020 Nescafe mengalami penurunan kembali pada peringkat 4 dari produk kopi dalam kemasan. Hasil ini menunjukkan adanya permasalahan dalam hal ekuitas merek dari Nescafe, dimana konsumen menganggap bahwa merk dari Nescafe tidak cukup kuat untuk menarik konsumen. Berdasarkan fenomena gap dan riset gap yang diperoleh dari penelitian terdahulu, maka diduga factor yang mempengaruhi penurunan persepsi kualitas dan ekuitas merek adalah komunikasi pemasaran terpadu, kredibilitas merek, dan pengalaman merek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredibilitas merek, pengalaman merek dan kualitas layanan terhadap persepsi kualitas dan pengaruhnya pada ekuitas merek. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Nescafe dalam kemasan siap minum. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 225 orang mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang yang menjadi konsumen Produk Nescafe dalam kemasan siap minum yang pernah melakukan pembelian minimal satu kali. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan Google Form. Metode analisis data menggunakan structural equation modelling. Kredibilitas merek dan pengalaman merek berpengaruh positif terhadap persepsi kualitas produk Nescafe dalam kemasan siap minum. Komunikasi pemasaran terpadu tidak berpengaruh terhadap persepsi kualitas produk Nescafe dalam kemasan siap minum. Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap ekuitas merek produk Nescafe dalam kemasan siap minum. Jalur terkuat yang dapat mempengaruhi ekuitas merek produk Nescafe dalam kemasan siap minum adalah jalur pengalaman merek yang mempengaruhi persepsi kualitas produk dan berdampak pada ekuitas merek produk Nescafe dalam kemasan siap minum.
Keywords : brand credibility, brand experience, integrated marketing communication, perceived quality, brand equity, kredibilitas merek, pengalaman merek, komunikasi pemasaran terpadu, persepsi kualitas, ekuitas merek
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Shilny Nurika
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:16
Last Modified: 10 Sep 2021 02:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item
View Item