SALMAN, Indah Hastari and WIDIYANTO, Ibnu and SOESANTO, Harry,(May 2008), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MENGURANGI NIAT PELANGGAN BERPINDAH MEREK (Studi Kasus Pada Pelanggan Kartu Prabayar simPATI Telkomsel di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Dalam persaingan bisnis saat ini, perusahaan berlomba untuk memperebutkan
perhatian konsumen. Persaingan yang semakin ketat ini, juga terjadi didalam bisnis
telekomunikasi seluler, dimana antara operator seluler satu dengan yang lainnya
saling berusaha keras dalam mempertahankan, mempengaruhi dan merebut
pelanggannya supaya tetap menggunakan layanannya dan tidak berpindah ke operator
lain. Perilaku pelanggan yang berpindah layanan memberikan dampak yang negatif
bagi profitabilitas dan market share perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor-faktor yang diperlukan guna mengurangi niat pelanggan
berpindah merek.
Masalah penelitian diajukan untuk mengetahui bagaimana mengurangi niat
pelanggan untuk berpindah merek dilihat dari sisi kualitas layanan, persepsi harga
dan kepuasan pelanggan. Atas dasar ini diajukan model teoritis dengan 5 hipotesis
untuk diuji dengan metode SEM dari AMOS untuk mengetahui hubungan kausalitas
dari hipotesis-hipotesis tersebut. Sampel penelitian ini adalah 100 responden
pelanggan kartu prabayar simPATI di kota Semarang yang sebelumnya pernah
menggunakan layanan operator lain.
Hasil pengolahan data SEM telah memenuhi kriteria goodness of fit index,
dimana X2
(chi-square) = 87.667 , significance probability = 0.87 , RMSEA = 0.049,
GFI = 0.887, AGFI = 0.833, TLI = 0.985, CFI = 0.988, dengan demikian dapat
dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa niat pelanggan berpindah merek dapat dikurangi persepsi harga yang didukung
oleh kualitas layanan. Selanjutnya, persep
Keywords : | service quality, perceived price, customer satisfaction and customer switching intention, kualitas layanan, persepsi harga, kepuasan pelanggan, niat pelanggan berpindah merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 03 Nov 2021 06:54 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9505 |