KURNIAWAN, Rizky Erfandy and WIDIYANTO, Ibnu and DIRGANTARA, I Made Bayu,(August 2009), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP WORD OF MOUTH (WOM). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (110kB)
Download (110kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (203kB)
Download (203kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (298kB)
Download (298kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (212kB)
Download (212kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (386kB)
Download (386kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Lembaga pendidikan bahasa Inggris merupakan salah satu lembaga pendidikan
yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kualitas layanan dan kepuasan konsumen merupakan
tujuan utama dalam organisasi modern. Tingkat kepentingan sebagai sektor publik,
terutama sebagai penyedia jasa layanan, mendorong para manajer untuk menempatkan
kualitas dan kepuasan pelanggan sebagai prioritas. Hal tersebut menimbulkan
pertanyaan “Bagaimana pentingnya kualitas layanan, reputasi perusahaan dapat
berpengaruh terhadap perusahaan dalam membangun kepuasan konsumen dan
meningkatkan word of mouth” sebagaimana yang ada khususnya di LPK Kurnia
Excellent Course Demak
Model penelitian ini mengindikasikan eksistensi dari 3 (tiga) hipotesis, antara
lain: “kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen”, “reputasi
perusahaan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen”, dan “kepuasan
konsumen berpengaruh positif terhadap word of mouth”.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
purposive sampling, sampel yang digunakan adalah peserta kursus yang telah
menempuh studi selama minimal 4 (empat) bulan atau telah menempuh minimal 1 (satu)
level. Jumlah responden yang ditentukan dalam penelitian ini adalah 105 peserta kursus
LPK Kurnia Excellent Course Demak. Teknik analisis yang dipakai untuk
menginterpretasikan dan menganalisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik
Structural Equation Model (SEM) dengan software AMOS 16. Model yang diajukan
dapat diterima setelah asumsi-asumsi terpenuhi yaitu normalitas dengan critical ratio
multivariate < 2,58 dan Standardized Residual Covariance < 2,58. Dengan Determinant
of Covariance Matrix 1,289.
Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan
analisis konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan
Structural Equation Model (SEM) untuk pengujian hubungan kausalitas antar variabel�variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kualitas layanan, reputasi
perusahaan, kepuasan konsumen dan word of mouth memenuhi kriteria Goodness of Fit
yaitu chi square =83,513; probability = 0,188; GFI = 0,901; AGFI = 0,858; TLI =
0,981; CFI = 0,985; CMIN/DF = 1,144; RMSEA = 0,037. Berdasarkan hasil analisis
data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima.
Keywords : | Keywords: Service Quality, Coorporate Reputation, Customer Satisfaction ,and word of mouth, Kata Kunci: Kualitas Layanan, Reputasi Perusahaan, Kepuasan Konsumen dan word of mouth |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 07:39 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 07:39 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9626 |