BRAMANTYO, Leo and WIDIYANTO, Ibnu and SUGIONO, Sugiono,(10 June 2010), ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (411kB)
Download (411kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (509kB)
Download (509kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (520kB)
Download (520kB)
Text (Daftar Issi)
- Published Version
Download (802kB)
Download (802kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (440kB)
Download (440kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Memasuki era ekonomi global, tingkat persaingan antar perusahaan semakin
ketat, ini terbukti dengan semakin banyaknya industri packing karton box, baik dalam
skala besar (corrugated carton box) ataupun skala menengah dan kecil atau yang
sering disebut mini box, sehingga menjadikan persaingan dalam bidang industri
tersebut semakin besar. Hal tersebut juga terjadi pada CV. Asta Mandiri Kartonindo,
sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri mini box, selama dua tahun
terakhir terjadi penurunan penjualan yang cukup signifikan pada perusahaan tersebut.
Salah satu penyebab menurunnya penjualan tersebut adalah akibat menurunnya
loyalitas dari para pelanggannya sehingga beralih ke perusahaan lain yang berimbas
pada penurunan total penjualan.
Kondisi tersebut menuntut perusahaan CV. Asta Mandiri Kartonindo untuk
membuat strategi pemasaran yang tepat guna menghadapi tantangan pasar yang
semakin ketat, salah satunya yaitu dengan cara meningkatkan customer relationship
marketing. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi customer
relationship marketing sebagai upaya untuk meningkatan loyalitas pelanggan.
Permasalahan riset bersumber pada research problem yang ada di perusahaan CV.
Asta Mandiri Kartonindo.
Dari permasalahan diataslah yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu
untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi customer relationship marketing
sebagai upaya untuk meningkatan loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini
dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tiga hipotesis yang akan diuji
dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan
software AMOS 16. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari
perusahaan yang menjadi pelanggan CV. Asta Mandiri Kartonindo yang berjumlah
105 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria
Goodness of Fit – Full Model with Modification Index yaitu chi square = 88,125;
probability = 0,110; GFI = 0,895; AGFI = 0,849; TLI = 0,974; CFI = 0,979;
CMIN/DF = 1,207; RMSEA = 0,045. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
model ini layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa customer
relationship marketing dapat ditingkatkan dengan meningkatkan atribut produk dan
kualitas layanan. Selanjutnya, customer relationship marketing yang semakin tinggi
akan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Keywords : | Keywords: product attribute, quality of service, customer relationship marketing, and customer loyalty, Kata kunci : atribut produk, kualitas layanan, customer relationship marketing, dan loyalitas pelanggan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 03:56 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 03:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9640 |