PENGARUH KECEPATAN LAYANAN, KESIAPAN INFORMASI BARANG DAN KUALITAS RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA ONLINE SHOP LARIS MANIES)

WIJANTO, Felicia Antonia and WIDIYANTO, Ibnu,(November 2015), PENGARUH KECEPATAN LAYANAN, KESIAPAN INFORMASI BARANG DAN KUALITAS RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA ONLINE SHOP LARIS MANIES). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (105kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (219kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah faktor apa sajakah yang mempengaruhi konsumen online shop Laris Manies sehingga mau untuk tetap melakukan pembelian dan loyal kepada online shop Laris Manies di tengah persaingan dari perusahaan-perusahaan yang lebih besar baik online maupun offline yang menjual produk sejenis dimana jumlah pembelian berulang pada online shop Laris Manies mengalami peningkatan sebesar 6,8% per bulan. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi minat loyalitas konsumen ini diduga disebabkan oleh kecepatan layanan, kesiapan informasi barang dan kualitas relasional. Faktor-faktor tersebut dipadukan dengan kepuasan konsumen akan menyebabkan konsumen semakin menjadi loyal dengan melakukan pembelian berulang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kecepatan layanan, kesiapan informasi barang dan kualitas relasional terhadap kepuasan dan minat loyalitas pelanggan online shop “Laris Manies”. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 398 konsumen Laris Manies Shop. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode sensus. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah path analysis dengan sobel test. Berdasarkan penelitian, kecepatan layanan, kesiapan informasi barang dan kualitas relasional berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kecepatan layanan, kualitas relasional dan kepuasan berpengaruh positif terhadap minat loyalitas pelanggan sedangkan kesiapan informasi barang tidak berpengaruh terhadap minat loyalitas pelanggan. Berdasarkan sobel test, kepuasan pelanggan mampu memediasi pengaruh kecepatan layanan, kesiapan informasi barang dan kualitas relasional terhadap minat loyalitas pelanggan. Berdasarkan path analysis tersebut dapat diketahui bahwa jalur yang paling berpengaruh secara total terhadap minat loyalitas pelanggan adalah jalur kualitas relasional terhadap minat loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan
Keywords : speed of service, readiness of information goods, relational quality, customer satisfaction, customer loyalty interest, kecepatan layanan, kesiapan informasi barang, kualitas relasional, kepuasan pelanggan, minat loyalitas pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:20
Last Modified: 21 Dec 2021 06:52
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9764

Actions (login required)

View Item
View Item