SASE, Fitra Aprilindo and FERDINAND, Augusty Tae,(June 2015), Analisis Pengaruh Berbagai Faktor Terhadap Customer Relationship Quality Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan (Studi kasus pada tenaga penjualan PT. Sinar Niaga Sejahtera (SNS) Regional Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Aktivitas tenaga penjualan berorientasi pelanggan menjadi elemen penting pada
manajemen pemasaran karena pengelolaan customer-relationship telah menjadi konsep
yang baik dan diyakini oleh banyak peneliti dan praktisi sebagai elemen strategik yang
sangat menentukan tercapai dan tidak tercapainya kinerja penjualan secara menyeluruh.
Sehingga perlu dipahami faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi customer�relationship quality sebagai upaya meningkatkan kinerja tenaga penjualan. Penelitian
ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja tenaga
penjualan, melalui customer-relationship quality, customer-relationship quality
dipengaruhi prilaku tenaga penjualan berorientasi pelanggan, kompetensi tenaga
penjual, dan pengalaman menjual. Model Penelitian ini menggunakan lima hipotesis
yaitu semakin baik prilaku tenaga penjualan berorientasi pelanggan maka semakin baik
customer-relationship quality. Semakin tinggi pengalaman menjual, maka semakin baik
customer-relationship quality. Semakin tinggi kompetensi tenaga penjualan, maka
semakin baik customer-relationship quality. Semakin tinggi kompetensi tenaga
penjualan, maka semakin tinggi kinerja tenaga penjualan. Semakin baik customer�relationship quality, maka semakin tinggi kinerja tenaga penjualan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
purposive sampling, dimana sampel dipilih dengan syarat-syarat yang dipandang
memiliki ciri-ciri esensial yang relevan dengan penelitian. Responden yang digunakan
sebanyak 110 responden yaitu tenaga penjualan PT. Sinar Niaga Sejahtera, Regional
Jawa Tengah yang telah bekerja lebih dari 1 tahun. Teknik analisis data yang digunakan
adalah The Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software SPSS-AMOS 21.0
dalam model dan pengkajian hipotesis. Hasil analisis data tersebut akan menjelaskan
hubungan kausalitas antara variabel yang sedang dikembangkan dalam model penelitian
ini. Model yang diajukan dapat diterima setelah asumsi-asumsi telah terpenuhi yaitu
normalitas dan Standardized Residual Covariance <±2,58.
Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan
analisis konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan
Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas antar
variabel-variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh prilaku tenaga penjualan
berorientasi pelanggan, customer-relaitonship quality, pengalaman menjual, kompetensi
tenaga penjualan, dan kinerja tenaga penjualan memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu
Chi square= 69.712; CMIN/DF= 1.223, Probability= 0.120; GFI= 0.916; AGFI= 0.866;
TLI= 0.985; CFI= 0.989; RMSEA= 0,045; Berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima.
Keywords : | Customer-Relationship Quality, customer oriented salesperson behaviour, Salesperson Competence, Selling Experience, Salesperson Performence, Customer-Relationship Quality, Priaku Tenaa Penjualan Berorientasi Pelanggan, Kompetensi Tenaga penjualan, Pengalaman Menjual, Kinerja Tenaga penjualan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 03:41 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 06:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9768 |