MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman di Jawa Tengah)

BAANI, Khisnun and RAHARDJO, Susilo Toto,(30 November 2021), MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (50kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (848kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dirumuskan berdasarkan adanya penurunan kinerja UMKM makanan dan minuman di Jawa Tengah akibat adanya pandemi Covid-19. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi terhadap kinerja pemasaran yang dimoderasi oleh ketidakpastian lingkungan. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling (voluntary sampling) dengan teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah sampel acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 6 hipotesis penelitian yang ada, hasil pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa hipotesis 1, hipotesis 2, dan hipotesis 3 dapat diterima yang menunjukan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan hipotesis 4a, hipotesis 4b, dan hipotesis 4c dinyatakan ditolak yang menunjukan bahwa variabel ketidakpastian lingkungan tidak mampu memoderasi hubungan antara variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi dengan kinerja pemasaran.
Keywords : Moderation; Environmental Uncertainty; Marketing Performance, Moderasi; Ketidakpastian Lingkungan; Kinerja Pemasaran.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: S.M Khisnun Baani
Date Deposited: 22 Dec 2021 07:58
Last Modified: 22 Dec 2021 08:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9802

Actions (login required)

View Item
View Item