BAANI, Khisnun and RAHARDJO, Susilo Toto,(30 November 2021), MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN DENGAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DITENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (51kB)
Download (51kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (50kB)
Download (50kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (123kB)
Download (123kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (206kB)
Download (206kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (848kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (848kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dirumuskan berdasarkan adanya penurunan kinerja UMKM makanan dan minuman di Jawa Tengah akibat adanya pandemi Covid-19. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi terhadap kinerja pemasaran yang dimoderasi oleh ketidakpastian lingkungan. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling (voluntary sampling) dengan teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah sampel acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 6 hipotesis penelitian yang ada, hasil pengujian yang dilakukan menunjukan bahwa hipotesis 1, hipotesis 2, dan hipotesis 3 dapat diterima yang menunjukan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan hipotesis 4a, hipotesis 4b, dan hipotesis 4c dinyatakan ditolak yang menunjukan bahwa variabel ketidakpastian lingkungan tidak mampu memoderasi hubungan antara variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi dengan kinerja pemasaran.
Keywords : | Moderation; Environmental Uncertainty; Marketing Performance, Moderasi; Ketidakpastian Lingkungan; Kinerja Pemasaran. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | S.M Khisnun Baani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 07:58 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 08:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9802 |