IKHTIAGUNG, Ganjar Ndaru and FERDINAND, Augusty Tae,(June 2015), Analisis Pengaruh Competitive Experience, Conflict Handling Dan Competency Terhadap Relationship Quality Untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan (Agen) (Studi kasus pada MRT Champions Agency Cilacap – Prudential Life). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Tenaga penjualan memegang peranan yang sangat penting dalam
memjembatani hubungan antara pelanggan dengan perusahaan. Kinerja tenaga
penjualan merupakan sebuah cerminan yang merefleksikan keberhasilan atau prestasi
seorang tenaga penjualan dalam mengelola sumber daya dan mengkombinasikan
dengan aplikasi penerapan strategi-strategi yang secara tepat dan cepat. Penelitian ini
merupakan dasar untuk mengisi gap penelitian dalam studi membangung Relationship
Quality dengan nasabah/calon nasabah asuransi Prudential melalui Competitive
Experience, Conflict Handling & Competency yang dimiliki oleh seorang agen yang
pada ahkirnya akan meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan (agen) MRT Champions
Agency Cilacap.
Model penelitian ini menggunakan enam hipotesis, sementara itu sumber data
dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari Tenaga Penjualan
(agen) pada Prudential Life Assurance MRT Champions Cilacap. Sampel yang
digunakan sebanyak 124 tenaga penjualan dengan masa kerja (menjadi agen) minimal
1 tahun. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data subjek (self-report
data) dan dikumpulkan langsung dari pengisian kuesioner tersetruktur dengan
menggunakan pernyataan tertutup (skala 1-10) dan pertanyaan terbuka.
Teknik analisis data yang digunakan adalah The Structural Equation Modeling
(SEM) dari paket software AMOS 16.0 dalam model dan pengkajian hipotesis. Hasil
analisis data tersebut akan menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang
sedang dikembangkan. Pada penelitian ini menujukan dari hipotesisi yang diajukan
terdapat dua hipotesis yang tidak terbukti yakni pada H1 (Competitive Experience
terhadap Relationship Quality) dan H2 (Conflict Handling terhadap Relationship
Quality), sedangkan hipotesis yang lainya mendukung dalam penelitian ini.. Sementara
nilai Determinant of Sample Covariance Matrixnya 0,097 (9,7e-2
)
Model pengukuran eksogen dan endogen telah diuji dengan menggunakan
analisis konfirmatori. Selanjutnya model pengukuran tersebut dianalisis dengan
Structural Equation Model (SEM) untuk model pengujian hubungan kausalitas antar
variabel-variabel yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh Competitive Experience,
Conflict Handling, Competency, Relationship Quality dan Kinerja tenaga penjualan,
dalam penelitian ini menguji goodness of fit dari model dan hasil yang didapat χ2 =
84.614, GFI = 0.910; AGFI = 0.865; CFI = 0.991; TLI = 0.988; RMSEA = 0.041, jika
melihat hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model tersebut dapat diterima
Keywords : | Competitive Experience, Conflict Handling, Competency, Relationship Quality and sales force, Competitive Experience, Conflict Handling, Competency, Relationship Quality dan Kinerja tenaga penjualan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 02:51 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 02:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9967 |