“PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPENSASI, KEPATUHAN PENGENDALIAN INTERNAL, RELIGIUSITAS TERHADAP INTENSI KARYAWAN UNTUK TERLIBAT DALAM OCCUPATIONAL FRAUD” (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Banyumas)

MAULINA, Ghina and YUYETTA, Etna Nur Afri,(10 June 2020), “PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPENSASI, KEPATUHAN PENGENDALIAN INTERNAL, RELIGIUSITAS TERHADAP INTENSI KARYAWAN UNTUK TERLIBAT DALAM OCCUPATIONAL FRAUD” (Studi Empiris pada SKPD di Kabupaten Banyumas). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (126kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (443kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok tertentu dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk diri atau kelompok tertentu dengan representasi yang salah dan menghalalkan segala cara untuk memperolehnya. Occupational fraud diartikan sebagai penyalahgunaan kewenangan dan kedudukan seseorang atas pekerjaan yang dimilikinya secara sengaja. Berbagai macam bentuk kecurangan masih banyak terjadi di berbagai negara dan berbagai sector, baik sector swasta maupun sector pemerintahan. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris mengenai kecenderungan atau intensi occupational fraud yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti komitmen organisasi, kompensasi, kepatuhan pengendalian internal dan religiusitas seseorang. Populasi penelitian ini adalah pejabat struktural pada SKPD Kabupaten Banyumas, khususnya yang menduduki jabatan Sekretaris, Kabag Umum dan Kepegawaian, Kabag Keuangan, dan Kabag Anggaran. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 100 responden dari 26 SKPD. Data primer yang diperoleh dengan memberikan kuisioner kepada SKPD Kabupaten Banyumas, kemudian diuji menggunakan Statistic Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepatuhan pengendalian internal, dan religiusitas berpengaruh terhadap intensi karyawan terlibat dalam occupational fraud, sedangkan variabel komitmen organisasi dan kompensasi tidak berpengaruh terhadap intensi occupational fraud seseorang.
Keywords : organizational commitment, compensation, obedience to internal control, religiosity, intention fraud, intention work fraud., komitmen organisasi, kompensasi, kepatuhan pengendalian internal, religiusitas, intensi fraud, intensi occupational fraud.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:58
Last Modified: 14 Jan 2022 03:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10080

Actions (login required)

View Item
View Item