Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi pada Lingkungan Pondok Pesantren Darussalam di Kabupaten Jepara)

LESTARI, Putri Dewi and PURWANTI, Evi Yulia,(22 February 2022), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Produk Makanan Halal (Studi pada Lingkungan Pondok Pesantren Darussalam di Kabupaten Jepara). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of cover] Text (cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konsumsi merupakan pembelanjaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup. Kebutuhan konsumsi setiap individu akan berbeda-beda. Islam mengajarkan setiap individu untuk mengkonsumsi barang dan jasa yang sesuai dengan syariat dan menjauhi apa yang telah diharamkan. Dalam Islam wajib hukumnya untuk mengkonsumsi produk makanan halal. Produk makanan halal yang dimaksud adalah produk-produk yang telah memiliki sertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pada proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan yang aman dan halal untuk dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu kesadaran halal, sertifikasi halal, bahan produk, religiusitas, dan harga terhadap minat beli produk makanan halal. Populasi pada penelitian ini adalah responden yang tinggal dilingkungan Pondok Pesantren Darussalam di Kabupaten Jepara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran mengkonsumsi halal, sertifikasi halal, bahan produk, religiusitas, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk makanan halal. Kata kunci: kesadaran mengkonsumsi halal, sertifikasi halal, bahan produk, religiusitas, harga, minat beli.
Keywords : halal awareness, halal certification, product ingredients, religiosity, price, buying interest, kesadaran mengkonsumsi halal, sertifikasi halal, bahan produk, religiusitas, harga, minat beli.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Putri Dewi Lestari
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:34
Last Modified: 22 Feb 2022 04:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item
View Item