DETERMINAN MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN SYARIAH CABANG SOLO BARU

MUKAROMAH, Nurul and ADITYAWARMAN, Adityawarman,(31 December 2021), DETERMINAN MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN SYARIAH CABANG SOLO BARU. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (176kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pegadaian syariah merupakan Lembaga pembiayaan yang memberikan kemudahan untuk memenuhi pebiayaan kegiatan usaha masyarakat. Hadirnya pegadaian syariah juga menarik perhatian masyarakat, namun disisi lain jumlah nasabah pegadaian konvensional dan pegadaian syariah memeiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini disebabkan karena adanya permasalahan dari faktorl internal dan faktor eksternal sehingga menyebabkan kurangnya minat nasabah untuk menggunakan jasa pegadian syariah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan jasa pegadaian syariah. Variable yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tingkat religiusitas, tingkat pelayanan, dan teori terencana (TPB). Sampel dari penelitian ini terdiri dari 100 nasabah pegadaian syariah pada cabang Solo Baru. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kualitas pelayanan dan teori terencana (TPB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan jasa, sedangkan variable tingkat religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan jasa di pegadaian syariah pada masyarakat kota Surakarta. Pengaruh ketiga variable terhadap minta menggunakan jasa sebesar 50,5% , sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variable lain diluar model penelitian.
Keywords : customer interest, syraiah pawnshop, TPB., minat nasabah, pegadaian syraiah, TPB.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Nurul Mukaromah
Date Deposited: 30 Mar 2022 08:02
Last Modified: 30 Mar 2022 08:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10453

Actions (login required)

View Item
View Item