PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI periode 2014-2019)

SALSABILA, Nabila and MARSONO, Marsono,(14 March 2022), PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI periode 2014-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (69kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham dengan melibatkan pengungkapan corporate social responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi. Hasil yang ditunjukkan oleh penelitian ini nantinya, diharapkan dapat membantu para investor dalam mengambil keputusan saat mempertimbangkan hal-hal dalam melakukan investasi di pasar modal. Kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu faktor yang masih menjadi andalan dalam pertimbangan investasi. Kinerja keuangan dapat dinilai dengan melakukan analisis fundamental yang kemudian akan dihubungkan pengaruhnya terhadap harga saham. Kinerja keuangan diukur dengan menggunakan rasio keuangan yang diwakili oleh 4 rasio, yakni ROE (Return On Equity), NPM (Net Profit Margin), Sales Growth, dan DPR (Dividend Payout Ratio). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yaitu laporan keuangan yang diambil dari laman resmi Bursa Efek Indonesia dan perusahaan terkait. Sampel yang digunakan merupakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014-2019, dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga dari 32 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, diperoleh 7 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu regresi linear berganda dan MRA (Moderate Regression Analysis). Dalam uji parsial menunjukkan bahwa nilai signifikansi ROE, NPM, dan DPR kurang dari 0,05 menunjukkan berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan nilai signifikansi Sales Growth lebih dari 0,05 menunjukkan tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hasil uji moderasi menunjukkan nilai signifikansi ROE yang telah diinteraksi oleh pengungkapan CSR, dan NPM yang telah diinteraksi oleh pengungkapan CSR kurang dari 0,05 menunjukkan pengungkapan CSR mampu memoderasi pengaruh ROE dan NPM terhadap harga saham, sedangkan nilai signifikansi Sales Growth dan DPR yang telah diinteraksi oleh pengungkapan CSR lebih dari 0,05 menunjukkan pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi pengaruh Sales Growth dan DPR terhadap harga saham.
Keywords : financial performance, ROE, NPM, sales growth, DPR, CSR disclosure, stock price, kinerja keuangan, ROE, NPM, sales growth, DPR, pengungkapan CSR,harga saham
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nabila Salsabila
Date Deposited: 31 Mar 2022 02:03
Last Modified: 31 Mar 2022 02:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10462

Actions (login required)

View Item
View Item