NAAFIANI, Chellya Niken Hayyu and WIDIYANTO, Ibnu and YUNIAWAN, Ahyar,(3 September 2010), STUDI TENTANG ANTECEDENT BRAND ATTITUDE DAN BRAND EQUITY (Penelitian Empirik Iklan TV Provider GSM Prabayar Mentari versi “Obral Obrol” di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (241kB)
Download (241kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (240kB)
Download (240kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (248kB)
Download (248kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (335kB)
Download (335kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (549kB)
Download (549kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini meneliti proses dari sikap merek (brand attitude) dan citra merek
(brand image) dalam meningkatkan ekuitas merek (brand equity). Penelitian ini
dilakukan karena adanya research gap dari penelitian terdahulu mengenai sikap merek
(brand attitude) yang dikemukakan dalam penelitian Aaker (1991) dan Keller (1993)
bahwa sikap merek yang positif akan dapat meningkatkan ekuitas. Hal tersebut didukung
oleh Cobb-Walgren, Ruble dan Donthu (1995) dalam Faircloth et al. (2001) menyatakan
bahwa brand attitude dan brand image berpengaruh positif terhadap brand equity
Namun, hal ini bertentangan dengan penelitian yang dilakukan oleh Sitinjak dan J. R. S.
(2005) yang menyatakan bahwa sikap merek berpengaruh tidak langsung pada ekuitas
merek melalui citra merek.
Dari permasalahan di atas yang mendasari dilakukan penelitian ini, yaitu untuk
mengetahui bagaimana meningkatkan brand equity melalui daya tarik endorser,
efektifitas pesan iklan, tingkat komunikatif bahasa, brand attitude, brand image. Dalam
penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan enam hipotesis
yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan
menggunakan software AMOS. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah
mahasiswa maupun orang yang sudah bekerja, usia minimal 18 tahun, tingkat pendidikan
minimal SLTA, yang berada di kota Semarang dan pernah menyaksikan atau mengetahui
iklan kartu prabayar GSM dalam hal ini adalah iklan kartu prabayar GSM Mentari edisi
“Obral Obrol” yang berjumlah 120 reponden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk model penuh dengan indeks modifikasi
sebagian besar telah memenuhi kriteria goodness of fit sebagai berikut chi square =
255,099; probability = 0,158; CMIN/DF = 1,091; GFI =0,854; TLI = 0,990; CFI = 0,991;
RMSEA = 0,028. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk
digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan proses untuk meningkatkan meningkatkan
brand equity melalui daya tarik endorser, efektifitas pesan iklan, tingkat komunikatif
bahasa, brand attitude, brand image.
Keywords : | Keywords: Brand Equity, Endorser Attraction, Ads Message Effectiveness, Level of Communicative Language, brand attitude, brand image, Kata kunci : Brand Equity, Daya Tarik Endorser, Efektifitas Pesan Iklan, Tingkat Komunikatif Bahasa, Brand attitude, Brand image |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 01 Apr 2022 02:58 |
Last Modified: | 01 Apr 2022 02:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10473 |