Does Political Accountability Affect Quality of Government? Empirical Study on Developing and Developed Countries (2012-2018)

AZALIYA, Nabila and WIDODO, Wahyu,(22 March 2022), Does Political Accountability Affect Quality of Government? Empirical Study on Developing and Developed Countries (2012-2018). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (665kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (174kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh akuntabilitas politik terhadap kualitas pemerintahan dengan menggunakan data panel dari 65 negara periode 2012-2018. Dari 65 negara tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam klasifikasi negara berkembang dan negara maju untuk melihat perbedaan efeknya. Untuk mengestimasi data panel, digunakan OLS dengan Fixed-Effect Model. Namun, untuk mengatasi kemungkinan masalah endogenitas, penulis juga melakukan estimasi dengan menggunakan Generalized-Method of Moments (GMM). Dijelaskan melalui tingkat demokrasi dan tingkat informasi. Temuan menarik pada hubungan akuntabilitas politik terhadap kualitas pemerintahan ditemukan pada hampir seluruh estimasi. Seperti halnya yang terjadi dalam estimasi robust, demokrasi hampir tidak mempengaruhi kualitas pemerintahan. Sebaliknya, internet, sebagai ukuran tingkat informasi, memiliki pengaruh yang kuat di negara-negara maju, khususnya dalam jangka panjang. Studi ini memberikan temuan menarik yang dapat dieksplorasi lebih jauh oleh peneliti selanjutnya. Selebihnya, hasil dari penelitian ini memperkaya literatur tentang studi pemerintahan maupun bidang studi yang relevan.
Keywords : Political Accountability, Level of Democracy, Level of Information, Quality of Government., Political Accountability, Level of Democracy, Level of Information, Quality of Government.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Nabila Azaliya
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:58
Last Modified: 04 Apr 2022 03:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item
View Item