Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Bersaing (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Sentra Konveksi dan Sablon Suci di Kota Bandung)

ANDJANI, Maharani and RAHARDJO, Susilo Toto,(14 March 2018), Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Keunggulan Bersaing (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah Sentra Konveksi dan Sablon Suci di Kota Bandung). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (319kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (321kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (424kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (269kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya unit konveksi dan sablon kaos di sentra konveksi dan sablon suci di Kota Bandung yang menutup unit usahanya sebagai akibat dari ketidakmampuan untuk bersaing dengan unit bisnis lainnya sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan pada kinerja bisnis. Beberapa peneliti berpendapat bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi dan keunggulan bersaing dapat meningkatkan kinerja bisnis. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh antara orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing. Data diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh 150 responden yang merupakan pemilik dan pengelola dari unit bisnis konveksi dan sablon suci yang ada di Kota Bandung. Data dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan perangkat lunak AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif signifikan terhadap inovasi, inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja bisnis.
Keywords : Market Orientation, Entrepreneurial Orentation, Innovation, Competitive Advantage, Business Performance, AMOS, orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi, keunggulan bersaing, kinerja bisnis, AMOS.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:44
Last Modified: 08 Apr 2022 02:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10531

Actions (login required)

View Item
View Item