ABDURRAHMAN, Abdurrahman and MANGUNWIHARDJO, Suyudi and SUFIAN, Syuhada,(2017), MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (329kB)
Download (329kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (369kB)
Download (369kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (313kB)
Download (313kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (512kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (512kB) | Request a copy
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari orientasi pasar,
dan inovasi bisnis terhadap keunggulan bersaing dan kinerja bisnis pada usaha
restoran/rumah makan di Kota Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana membangun keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja
bisnis. Dari hasil wawancara dengan responden, diketahui berbagai permasalahan
yang dihadapi oleh pelaku usaha restoran/rumah makan, termasuk menurunnya
kinerja, kurangnya inovasi, keterbatasan sumber daya, dan tantangan persaingan
yang dihadapi oleh pelaku usaha restoran/rumah makan.
Populasi dalam penelitian ini adalah restoran/rumah makan yang sudah
tercatat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram tahun 2011-2015.
Sampel dalam penelitian ini adalah restoran/rumah makan yang ada di Kota
Mataram Nusa Tenggara Barat dengan total responden sebanyak 120. Data dalam
penelitian ini diperoleh menggunakan kuesioner dan wawancara. Selanjutnya,
data tersebut dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).
Seluruh hipotesis dalam penelitian ini diterima, seperti yang ditunjukkan
dengan hasil Critical Ratio (CR) ≥ ± 1.96 dengan tingkat signifikansi (P) < 0.05.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh langsung inovasi terhadap kinerja
bisnis lebih ting dibandingkan pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis
(0,458 dibanding 0,223). Pengaruh tidak langsung inovasi terhadap kinerja bisnis
melalui keunggulan bersaing lebih tinggi dibandingkan pengaruh orientasi pasar
terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing (0,130 dibanding 0,096)
Keywords : | Keywords: Market Orientation, Business Innovation, Competitive Advantage, Business Performance., Kata kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Bisnis, Keunggulan Bersaing, Kinerja Bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 07:03 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 07:03 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10608 |