ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, MODAL RELASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Pakaian Jadi di Kota Semarang)

LIONORA, Clarisa Alfa and KUSUMAWARDHANI, Amie,(31 January 2019), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, MODAL RELASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Pakaian Jadi di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (377kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh industri pakaian jadi yang ada di Kota Semarang yakni terjadi peningkatan jumlah pelaku bisnis pakaian jadi dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengaruh orientasi pasar, orientasi pembelajaran, modal relasi, dan inovasi produk, untuk meningkatkan keunggulan bersaing para pelaku bisnis industri pakaian jadi yang ada di kota Semarang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap inovasi produk, (2) Orientasi pemberlajaran berpengaruh positif terhadap inovasi produk, (3) Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, (4) Orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, (5) Modal relasi berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, (6) Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing Populasi pada penelitian ini yakni seluruh unit bisnis Industri Pakaian Jadi berskala mikro dan kecil yang berada di Kota Semarang. Terdapat 138 unit bisnis namun hanya 127 kuesioner yang dapat diolah untuk penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) pada program software AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap inovasi produk, orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap inovasi produk, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, modal relasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Keterbatasan penelitian ini yakni hanya 127 kuesioner yang dapat diolah dari total 138 populasi unit bisnis di industri pakaian jadi. Penelitian ini memudahakan para praktisi dan akademisi untuk dapat mengambil keputusan serta menyimpulkan strategi untuk dapat bersaing di industri pakaian jadi yang ada di Kota Sermarang
Keywords : Market orientation, learning orientation, relational capital, product innovation, competitive advantage, Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Modal Relasi, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:40
Last Modified: 14 Jun 2022 07:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10841

Actions (login required)

View Item
View Item