LIONORA, Clarisa Alfa and KUSUMAWARDHANI, Amie,(31 January 2019), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI PEMBELAJARAN, MODAL RELASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Industri Pakaian Jadi di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (73kB)
Download (73kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (54kB)
Download (54kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (54kB)
Download (54kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (377kB)
Download (377kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh industri pakaian jadi yang ada di Kota
Semarang yakni terjadi peningkatan jumlah pelaku bisnis pakaian jadi dari tahun ke tahun.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengaruh orientasi pasar, orientasi
pembelajaran, modal relasi, dan inovasi produk, untuk meningkatkan keunggulan bersaing para
pelaku bisnis industri pakaian jadi yang ada di kota Semarang.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Orientasi pasar berpengaruh
positif terhadap inovasi produk, (2) Orientasi pemberlajaran berpengaruh positif terhadap
inovasi produk, (3) Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, (4)
Orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, (5) Modal relasi
berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, (6) Inovasi Produk berpengaruh positif
terhadap keunggulan bersaing
Populasi pada penelitian ini yakni seluruh unit bisnis Industri Pakaian Jadi berskala
mikro dan kecil yang berada di Kota Semarang. Terdapat 138 unit bisnis namun hanya 127
kuesioner yang dapat diolah untuk penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah
Structural Equation Modelling (SEM) pada program software AMOS 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap
inovasi produk, orientasi pembelajaran berpengaruh positif terhadap inovasi produk, orientasi
pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing, orientasi pembelajaran berpengaruh
positif terhadap keunggulan bersaing, modal relasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan
bersaing, dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing. Keterbatasan
penelitian ini yakni hanya 127 kuesioner yang dapat diolah dari total 138 populasi unit bisnis
di industri pakaian jadi. Penelitian ini memudahakan para praktisi dan akademisi untuk dapat
mengambil keputusan serta menyimpulkan strategi untuk dapat bersaing di industri pakaian
jadi yang ada di Kota Sermarang
Keywords : | Market orientation, learning orientation, relational capital, product innovation, competitive advantage, Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran, Modal Relasi, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:40 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10841 |