ANALISIS PENGARUH EFEKTIFITAS SALURAN DISTRIBUSI GUNA PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Saluran Distribusi Pipa Wavin di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta)

WIBOWO, Pamudji Restu and SOESANTO, Harry and SUTOPO, Sutopo,(15 August 2015), ANALISIS PENGARUH EFEKTIFITAS SALURAN DISTRIBUSI GUNA PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Saluran Distribusi Pipa Wavin di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (110kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (119kB)
[thumbnail of Daftrar Isi] Text (Daftrar Isi) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menguji apa pengaruh dari komitmen terhadap efektifitas saluran distribusi. Kedua, untuk menguji apa pengaruh kemampuan melengkapi terhadap efektifitas saluran distribusi. Ketiga, untuk menguji apa pengaruh karakteristik perusahaan terhadap efektifitas saluran distribusi. Keempat menguji pengaruh efektifitas saluran distribusi terhadap kinerja perusahaan. Populasi penelitian ini adalah para distributor Pipa Wavin di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Responden sebanyak 125 orang diambil dengan metode sensus. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan pengukuran data menggunakan 5 skala likert (skala 1 – sangat tidak setuju – sampai dengan skala 5 – sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan Metode Regresi linier berganda dalam program SPSS 13. Hasil analisis menunjukkan nilai t sebesar 5,847 dengan P = 0,000 pada hubungan antara komitmen dengan efektifitas saluran distribusi (hipotesis 1 diterima), t = 3,766 dengan P = 0,000 pada hubungan antara kemampuan melengkapi dengan efektifitas saluran distribusi (hipotesis 2 diterima), t = 5,458 dengan P = 0,000 pada hubungan antara karakteristik perusahaan dengan efektifitas saluran distribusi (hipotesis 3 diterima), dan t = 5,579 dengan P = 0,000 pada hubungan antara efektifitas saluran distribusi dengan kinerja perusahaan (hipotesis 4 diterima). Penelitian ini berimplikasi baik secara teoritis maupun manajerial. Pada tataran teoritis, studi ini mendukung penelitian terdahulu yang mengatakan bahwa komitmen, kemampuan melengkapi dan karakteristik perusahaan akan mempengaruhi efektifitas saluran distribusi secara positif, dan efektifitas saluran distribusi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Pada tataran manajerial, studi ini memberi sumbangan kepada pengambil keputusan untuk lebih memperhatikan komitmen apabila ingin meningkatkan efektifitas saluran distribusi dan kinerja perusahaan.
Keywords : commitment, ability to fulfill, company characteristics, distribution channel effectively, company performance., Komitmen, Kemampuan melengkapi, karakteristik perusahaan, efektifitas saluran distribusi, kinerja perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:21
Last Modified: 15 Jun 2022 03:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10847

Actions (login required)

View Item
View Item