INDRIYANI, Nurul and SUKRESNA, I Made,(3 June 2022), EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING “SOCIAL COFFEE” ANAK PANAH KOPI TEMBALANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (288kB)
Download (288kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (126kB)
Download (126kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Anak Panah Kopi Tembalang merupakan perusahaan yang beroperasi di bidang food and beverages yang kiprahnya terkenal dalam industri coffee shop di Kota Semarang sejak tahun 2018. Berangkat dari fenomena yang ada serta kesenjangan penelitian (research gap) tentu terdapat alasan-alasan yang mendorong managerial Anak Panah Kopi Tembalang untuk menerapkan strategi yang relevan dan efektif untuk keberlangsungan bisnis coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keunikan yang dimiliki oleh Anak Panah Kopi Tembalang yang membuatnya menjadi unggul di industri coffee shop di Kota Semarang dan mendeskripsikan social coffee yang digunakan oleh Anak Panah Kopi Tembalang untuk mempertahankan eksistensinya ditengah ketatnya persaingan dengan kompetitor dalam industri coffee shop di Kota Semarang. Penelitian ini perlu dilakukan untuk membahas mengenai keunikan dari cofee shop yang menjadikan suatu keunggulan bagi suatu brand serta cara mempertahankan eksistensinya dalam ketatnya persaingan kompetitor dalam industri coffee shop di kala pandemi Covid-19.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Data dari penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang berupa dokumentasi hasil observasi serta sumber referensi yang berasal dari buku dan jurnal penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah managerial Anak Panah Kopi, pelanggan Anak Panah Kopi Tembalang, dan kompetitor.
Hasil penelitian ini menemukan keunikan dari Anak Panah Kopi Tembalang dengan pesaing yang berupa lokasi, tempat, suasana, fasilitas, pelayanan, jam operasional, makanan yang ditawarkan, minuman yang ditawarkan, harga, tingkat keramaian, lingkup pertemanan, social media, acara/event, segmen pasar, dan kekuatan merek. Serta terdapat strategi bersaing dari social coffee oleh Anak Panah Kopi Tembalang berupa penggabungan strategi positioning dan strategi promosi.
Keywords : | Effectiveness of Competitive Strategy, Social Coffee, Tembalang Coffee Arrow., Efektivitas Strategi Bersaing, Social Coffee, Anak Panah Kopi Tembalang. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nurul Indriyani |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 06:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 06:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10909 |