EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING “SOCIAL COFFEE” ANAK PANAH KOPI TEMBALANG

INDRIYANI, Nurul and SUKRESNA, I Made,(3 June 2022), EFEKTIVITAS STRATEGI BERSAING “SOCIAL COFFEE” ANAK PANAH KOPI TEMBALANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (288kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (126kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Anak Panah Kopi Tembalang merupakan perusahaan yang beroperasi di bidang food and beverages yang kiprahnya terkenal dalam industri coffee shop di Kota Semarang sejak tahun 2018. Berangkat dari fenomena yang ada serta kesenjangan penelitian (research gap) tentu terdapat alasan-alasan yang mendorong managerial Anak Panah Kopi Tembalang untuk menerapkan strategi yang relevan dan efektif untuk keberlangsungan bisnis coffee shop. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keunikan yang dimiliki oleh Anak Panah Kopi Tembalang yang membuatnya menjadi unggul di industri coffee shop di Kota Semarang dan mendeskripsikan social coffee yang digunakan oleh Anak Panah Kopi Tembalang untuk mempertahankan eksistensinya ditengah ketatnya persaingan dengan kompetitor dalam industri coffee shop di Kota Semarang. Penelitian ini perlu dilakukan untuk membahas mengenai keunikan dari cofee shop yang menjadikan suatu keunggulan bagi suatu brand serta cara mempertahankan eksistensinya dalam ketatnya persaingan kompetitor dalam industri coffee shop di kala pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Data dari penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dan data sekunder yang berupa dokumentasi hasil observasi serta sumber referensi yang berasal dari buku dan jurnal penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah managerial Anak Panah Kopi, pelanggan Anak Panah Kopi Tembalang, dan kompetitor. Hasil penelitian ini menemukan keunikan dari Anak Panah Kopi Tembalang dengan pesaing yang berupa lokasi, tempat, suasana, fasilitas, pelayanan, jam operasional, makanan yang ditawarkan, minuman yang ditawarkan, harga, tingkat keramaian, lingkup pertemanan, social media, acara/event, segmen pasar, dan kekuatan merek. Serta terdapat strategi bersaing dari social coffee oleh Anak Panah Kopi Tembalang berupa penggabungan strategi positioning dan strategi promosi.
Keywords : Effectiveness of Competitive Strategy, Social Coffee, Tembalang Coffee Arrow., Efektivitas Strategi Bersaing, Social Coffee, Anak Panah Kopi Tembalang.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nurul Indriyani
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:21
Last Modified: 23 Jun 2022 06:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/10909

Actions (login required)

View Item
View Item