SULTON, Muhammad and SUKRESNA, I Made,(30 June 2019), ANALISIS PENGARUH TIPE INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KINERJA INOVASI (Studi pada PT Tunas Makmur Jaya Abadi). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (36kB)
Download (36kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (38kB)
Download (38kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (106kB)
Download (106kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (82kB)
Download (82kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (634kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (634kB) | Request a copy
Abstract
Perubahan ekonomi global telah menciptakan lingkungan bisnis dengan
persaingan yang tinggi dan baru sehingga perusahaan harus memiliki keunggulan
yang berkelanjutan, agar mampu mempertahankan kehidupan perusahaan.
Ketidakpastian dalam bisnis telah mengalami kenaikan akibat perubahan�perubahan lingkungan ekonomi. inovasi telah dianggap memiliki peran penting
dalam meningkatkan kinerja, keuntungan pasar, pertumbuhan penjualan dan
profitabilitas. Jenis dalam inovasi dalam perusahaan juga bervariasi, setidaknya
terdapat empat jenis inovasi diperkenalkan, empat jenis tersebut adalah inovasi
pemasaran, inovasi produk atau layanan, inovasi proses dan inovasi organisasi.
Dalam penelitian ini menguji tentang peran inovasi bagi perusahaan.
Pelanggan dari perusahaan adalah populasi dari penelitian ini. Sampel yang
diambil sebanyak 100-200 orang. Pengambilan data primer dilakukan dengan
skala Likert dan data sekunder melalui wawancara. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang
dioperasikan dengan program aplikasi AMOS.
Hipotesis penelitian ini adalah H1: Inovasi pemasaran memiliki pengaruh
terhadap kinerja inovasi, H2: Inovasi produk atau layanan memiliki pengaruh
terhadap kinerja inovasi, H3: Inovasi proses memiliki pengaruh terhadap kinerja
inovasi, H4: Inovasi organisasi memiliki pengaruh terhadap kinerja inovasi, dan
H5: Kinerja inovasi memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil
penelitian ini diperoleh inovasi pemasaran, inovasi produk atau layanan, inovasi
organisasi dan kinerja inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran.
Keywords : | Type of Innovation, Innovation Performance, Marketing Performance, : Tipe Inovasi, Kinerja Inovasi, Kinerja Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:24 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 04:24 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11024 |