DARIS, Ryan Muhammad and DJASTUTI, Indi,(July 2019), PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Coffeeshop di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (29kB)
Download (29kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (31kB)
Download (31kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (13kB)
Download (13kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (258kB)
Download (258kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (778kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (778kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh inovasi dan orientasi pasar terhadap
kinerja bisnis dengan menggunakan keunggulan kompetitif sebagai variabel
intervening (studi pada coffeeshop di Kota Semarang). Industri coffeeshop di Kota
Semarang adalah industri yang kompetitif dengan tingkat persaingan yang tinggi,
ditambah dengan kondisi pasar yang sangat dinamis. Beberapa coffeeshop yang
tidak mampu bersaing dalam industri mengalami penurunan kinerja bisnis dan
beberapa terpaksa harus menutup usahanya. Variabel yang mempengaruhi kinerja
bisnis adalah keunggulan kompetitif, serta inovasi dan orientasi pasar.
Populasi dalam penelitian tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Oleh karena itu,
metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling
dengan teknik purposive sampling. Sementara itu, analisis yang digunakan adalah
dengan structural equation modellingl (SEM) menggunakan perangkat lunak
AMOS.
Studi kuantitatif ini berkontribusi terhadap literatur bisnis stratejik dengan
menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung dari beberapa variabel yaitu
inovasi, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, dan kinerja bisnis dalam industri
coffeeshop di Kota Semarang. Kuesioner terstruktur digunakan dalam melakukan
survei kepada manajer dan pemilik coffeeshop di Kota Semarang. Hasil dari
penelitian membuktikan bahwa inovasi dan orientasi pasar secara positif
signifikan berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Selain itu, inovasi dan orientasi
pasar terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis melalui variabel
intervening keunggulan kompetitif. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa
menjadi salah satu referensi pemilik atau manajer coffeeshop dalam meningkatkan
kinerja bisnis dengan mencapai keunggulan bersaing melalui inovasi dan orientasi
pasar.
Keywords : | coffeeshop, innovation, market orientation, competitive advantage, business performance, Coffeeshop, inovasi, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, kinerja bisnis |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:13 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11161 |