PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Coffeeshop di Kota Semarang)

DARIS, Ryan Muhammad and DJASTUTI, Indi,(July 2019), PENGARUH INOVASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Coffeeshop di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (258kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh inovasi dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis dengan menggunakan keunggulan kompetitif sebagai variabel intervening (studi pada coffeeshop di Kota Semarang). Industri coffeeshop di Kota Semarang adalah industri yang kompetitif dengan tingkat persaingan yang tinggi, ditambah dengan kondisi pasar yang sangat dinamis. Beberapa coffeeshop yang tidak mampu bersaing dalam industri mengalami penurunan kinerja bisnis dan beberapa terpaksa harus menutup usahanya. Variabel yang mempengaruhi kinerja bisnis adalah keunggulan kompetitif, serta inovasi dan orientasi pasar. Populasi dalam penelitian tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Oleh karena itu, metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sementara itu, analisis yang digunakan adalah dengan structural equation modellingl (SEM) menggunakan perangkat lunak AMOS. Studi kuantitatif ini berkontribusi terhadap literatur bisnis stratejik dengan menganalisis hubungan langsung dan tidak langsung dari beberapa variabel yaitu inovasi, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, dan kinerja bisnis dalam industri coffeeshop di Kota Semarang. Kuesioner terstruktur digunakan dalam melakukan survei kepada manajer dan pemilik coffeeshop di Kota Semarang. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa inovasi dan orientasi pasar secara positif signifikan berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Selain itu, inovasi dan orientasi pasar terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis melalui variabel intervening keunggulan kompetitif. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu referensi pemilik atau manajer coffeeshop dalam meningkatkan kinerja bisnis dengan mencapai keunggulan bersaing melalui inovasi dan orientasi pasar.
Keywords : coffeeshop, innovation, market orientation, competitive advantage, business performance, Coffeeshop, inovasi, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, kinerja bisnis
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:13
Last Modified: 19 Jul 2022 03:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item
View Item