STRUKTUR JARINGAN SPASIAL EKONOMI PARIWISATA DI AGLOMERASI PERKOTAAN: PENDEKATAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

WAHYUDI, Sausan Maulifa and AGUNGGUNANTO, Edy Yusuf,(21 June 2022), STRUKTUR JARINGAN SPASIAL EKONOMI PARIWISATA DI AGLOMERASI PERKOTAAN: PENDEKATAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (239kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (446kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aglomerasi wilayah yang terjadi di koridor lintas provinsi berpotensi membentuk suatu jaringan kerjasama sektor ekonomi pariwisata untuk mendorong pengembangan hubungan ekonomi pariwisata yang terkoneksi antar daerah dilintas provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan koneksi ekonomi pariwisata antar daerah serta menganalisis karakteristik jaringan spasial ekonomi pariwisata antar daerah lintas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta-Jawa Tengah dengan menggunakan metode model gravitasi ekonomi pariwisata yang merupakan perluasan model gravitasi newton dan metode Social Network Analysis. Berdasarkan hasil penelitian daerah yang memiliki koneksi terkuat dengan daerah lain yaitu Kota Yogyakarta yang memiliki presentase koneksi 47.40% yang berperan sebagai kekuatan dominan dalam transmisi faktor ekonomi pariwisata. Struktur jaringan ekonomi pariwisata antar Kabupaten/Kota yang berada dalam jaringan memiliki interaksi yang masih lemah dan masih banyak ruang yang perlu dimanfaatkan untuk kerjasama ekonomi pariwisata. Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman sebagai kota inti/pusat dalam jaringan memiliki paling banyak koneksi ekonomi pariwisata dan memainkan peran sebagai perantara yang kuat untuk daerah lain.
Keywords : Tourism Economy, Spatial Network Structure, Tourism Economy Gravity Model, Social Network Analysis., Ekonomi pariwisata, Struktur jaringan spasial, Model gravitasi ekonomi pariwisata, Social Network Analysis.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Sausan Maulifa Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:40
Last Modified: 21 Jul 2022 08:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11189

Actions (login required)

View Item
View Item