PENGARUH KEMUDAHAAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI DI E-COMMERCE (Studi Kasus Generasi Z Pengguna E-Commerce Shopee di Semarang)

LINTANG, Novientha Jumena Asmara and RAHARDJO, Susilo Toto,(14 July 2022), PENGARUH KEMUDAHAAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI DI E-COMMERCE (Studi Kasus Generasi Z Pengguna E-Commerce Shopee di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (345kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini perkembangan era globalisasi di Indonesia mengalami perkembangan internet dan teknologi yang sangat pesat. Teknologi semakin berkembang dan canggih, semua aktivitas pun semakin dipermudah menggunakan teknologi dan internet khususnya dalam bidang bisnis yang saat ini sedang ramainya perdagangan elektronik yaitu e-commerce. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, banyaknya e-commerce hadir yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, banyak nya e-commerce semakin berlomba-lomba untuk menarik masyarakat. Salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia yaitu Shopee, Shopee harus memperhatikan dan menjaga aspek-aspek yang menjadi faktor niat beli untuk menarik konsumen seperti kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bahwa kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan kepercayaan berpengaruh terhadap niat beli. Pengambilan data dari penelitian ini melibatkan 126 responden dengan kriteria berusia 17 tahun-28 tahun. Data yang didapatkan kemudian akan dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program SmartPLS versi 3. Berdasarkan pada penelitian ini ditemukan bahwa kemudahan penggunaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat beli. Selain itu persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dan juga kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.
Keywords : Ease of Use, Perceived Benefits, Trust, Purchase Intention, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Niat Beli
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Novientha Jumena
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:32
Last Modified: 03 Aug 2022 07:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item
View Item