LINTANG, Novientha Jumena Asmara and RAHARDJO, Susilo Toto,(14 July 2022), PENGARUH KEMUDAHAAN PENGGUNAAN, PERSEPSI MANFAAT DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI DI E-COMMERCE (Studi Kasus Generasi Z Pengguna E-Commerce Shopee di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (345kB)
Download (345kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Saat ini perkembangan era globalisasi di Indonesia mengalami perkembangan
internet dan teknologi yang sangat pesat. Teknologi semakin berkembang dan
canggih, semua aktivitas pun semakin dipermudah menggunakan teknologi dan
internet khususnya dalam bidang bisnis yang saat ini sedang ramainya perdagangan
elektronik yaitu e-commerce. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju,
banyaknya e-commerce hadir yang memudahkan masyarakat dalam memenuhi
kebutuhan sehari-hari, banyak nya e-commerce semakin berlomba-lomba untuk
menarik masyarakat. Salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia yaitu
Shopee, Shopee harus memperhatikan dan menjaga aspek-aspek yang menjadi
faktor niat beli untuk menarik konsumen seperti kemudahan penggunaan, persepsi
manfaat dan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan Shopee.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bahwa kemudahan
penggunaan, persepsi manfaat dan kepercayaan berpengaruh terhadap niat beli.
Pengambilan data dari penelitian ini melibatkan 126 responden dengan kriteria
berusia 17 tahun-28 tahun. Data yang didapatkan kemudian akan dianalisis
menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program SmartPLS versi
3.
Berdasarkan pada penelitian ini ditemukan bahwa kemudahan penggunaan
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap niat beli. Selain itu persepsi
manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dan juga kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli.
Keywords : | Ease of Use, Perceived Benefits, Trust, Purchase Intention, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, Niat Beli |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Novientha Jumena |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:32 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11263 |