TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI KEUNGGULAN BERSAING Studi empiris pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Wilayah 05

LAILA, Mahmudah Kartika and KUSUMAWARDHANI, Amie,(30 June 2022), TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI KEUNGGULAN BERSAING Studi empiris pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk. Wilayah 05. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (221kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (345kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (386kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor dari transformasi digital dalam menciptakan keunggulan bersaing yang dilakukan secara empiris pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Wilayah 05. Penelitian ini melakukan tiga identifikasi utama, yaitu cara perusahaan dalam menciptakan transformasi digital agar sukses, tantangan yang dihadapi dan faktor-faktor transformasi digital yang dapat menciptakan keunggulan bersaing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Strategi transformasi digital agar menjadi sukses adalah menciptakan produk digital yang dapat mengakomodir kebutuhan nasabah baik korporasi maupun perorangan, memberikan kemudahan dalam melakukan aktvitas bisnis sehingga nasabah semakin engage dengan BNI, mampu memenuhi ekspektasi atau kebutuhan nasabah, produk yang diciptakan sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kemampuan dari pengguna. Tantangan yang dihadapi, antara lain: jaringan komunikasi terutama pada area remote atau daerah yang terbatas sinyal internet. Keterbatasan gadget yang dapat support untuk mobile banking, keterbatasan jangkauan jaringan pada outlet, keterbatasan knowlegde dari pengguna mobile banking. Faktor-faktor transformasi digital meliputi tiga aspek yaitu, pertama inovasi, penerapan ide atau teknologi baru pada BNI yaitu dengan memiliki wadah dalam menyalurkan ide, kreativitas yaitu ajang BNI Bussiness Innovation Award (Binnova). Faktor transformasi digital yang kedua adalah kualitas layanan, oleh karena itu PT. BNI terus meningkatkan kualitas layanan dengan cara memberikan fasilitas, produk, layanan terbaik yang dapat mempermudah para nasabah dalam bertransaksi. Faktor ketiga adalah perlunya pembelajaran organisasi yang diberikan di BNI kepada insan BNI dimaksudkan untuk dapat mengukur soft competencies dan hard competencies dari masing-masing insan BNI.
Keywords : Digital transformation, Innovation, Quality of Service, Organizational Learning, Transformasi digital, Inovasi, Kualitas Layanan, Pembelajaran Organisasi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mahmudah Kartika Laila
Date Deposited: 05 Aug 2022 08:02
Last Modified: 05 Aug 2022 08:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11279

Actions (login required)

View Item
View Item