PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

PRIMATAMA, Sandi Windia and KAWEDAR, Warsito,(2 August 2022), PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR) terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan manajemen laba sebagai variabel mediasi. Variabel independen pada penelitian ini yaitu mekanisme good corporate governance (GCG) yang diproksikan melalui kualitas audit, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dewan direksi, serta komite audit dan corporate social responsibility (CSR). Variabel dependen pada penelitian ini yakni kinerja keuangan perusahaan. Sementara itu, manajemen laba menjadi variabel mediasi pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan perusahaan non keuangan yang mempublikasikan laporan tahunannya dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019 dengan total sampel sebanyak 138 sampel. Metode sampling pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang mengikuti kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan metode analisis regresi berganda dan analisis jalur dengan menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit, kepemilikan institusional, serta dewan komisaris independen masing-masing berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sedangkan untuk dewan direksi, komite audit, corporate social responsibility, serta manajemen laba tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Selanjutnya, kualitas audit, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, dan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Hasil analisis jalur menunjukkan apabila manajemen laba tidak memberi pengaruh mediasi terhadap hubungan antara kelima proksi mekanisme good corporate governance dan corporate social responsibility dengan kinerja keuangan perusahaan.
Keywords : Good corporate governance mechanism, audit quality, institutional ownership, independent board of commissioners, board of directors, audit committee, corporate social responsibility, company financial performance, earnings management., Mekanisme good corporate governance, kualitas audit, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dewan direksi, komite audit, corporate social responsibility, kinerja keuangan perusahaan, manajemen laba.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Sandi Windia Primatama
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:39
Last Modified: 29 Aug 2022 06:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item
View Item