MEMBANGUN KREATIVITAS IMITATING OBSERVASIONAL UNTUK MENINGKATKAN INOVASI DAN KINERJA BISNIS (Studi Empiris Pada Usaha Mikro dan Kecil Bidang Makanan di Kabupaten Cianjur)

BAKRUN, M. Bakrun and WAHYUDI, Sugeng and CHABACHIB, Mochammad and DJASTUTI, Indi,(3 February 2012), MEMBANGUN KREATIVITAS IMITATING OBSERVASIONAL UNTUK MENINGKATKAN INOVASI DAN KINERJA BISNIS (Studi Empiris Pada Usaha Mikro dan Kecil Bidang Makanan di Kabupaten Cianjur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (364kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh penyebaran pengetahuan, pemanfaatan pengetahuan, pembelajaran organisasional, manajemen diri dan kesadaran sosial terhadap kreativitas imitating observasional sehingga dapat meningkatkan inovasi, dan kinerja bisnis usaha mikro dan kecil bidang makanan. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha mikro dan kecil bidang makanan di Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 143 responden. Responden adalah pemilik usaha mikro dan kecil bidang makanan, dan pengambilan sampel diprioritaskan bagi perusahaan yang mempunyai karakteristik umur perusahaan minimal 3 tahun. Teknik analisis yang digunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Amos Versi. 16. Penelitian ini menghasilkan pengaruh positif dan signifikan penyebaran pengetahuan terhadap kreativitas imitating observasional, kesadaran sosial, dan kinerja bisnis; pemanfaatan pengetahuan terhadap kesadaran sosial, dan kreativitas imitating observasional; manajemen diri terhadap kesadaran sosial, dan kreativitas imitating observsional; kesadaran sosial terhadap inovasi; kreativitas imitating observasional terhadap inovasi dan kinerja bisnis; dan kemampuan inovasi meningkatkan kinerja bisnis usaha mikro dan kecil bidang makanan. Serta ada dua hipotesis yang tidak signifikan dan ditolak yaitu pembelajaran organizational terhadap manajemen diri dan kreativitas imitating observasional. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap Resource Based View theory dan Organizational Learning theory. Teori pembelajaran organisasional memberikan penjelasan tentang penyebaran pengetahuan dan pemanfaatan pengetahuan ke ranah Resource Based View (RBV), yaitu ranah kapabilitas organisasi dan kompetensi organisasi dalam bentuk kreativitas imitating sumber keunggulan bersaing pada usaha mikro dan kecil.
Keywords : Business Performance, Organizational Learning, Knowledge Sharing, Innovation, Observational Imitating Creativity., Kinerja bisnis, pembelajaran organisasional, penyebaran pengetahuan, inovasi, kreativitas imitating observasional.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 07 Sep 2022 01:47
Last Modified: 07 Sep 2022 01:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item
View Item