HEMASDEVY, Rifana and KIRANA, Mayanggita,(26 July 2022), VALUASI EKONOMI: WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG OBYEK WISATA GOA KREO DAN WADUK JATIBARANG, KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (108kB)
Download (108kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (83kB)
Download (83kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (241kB)
Download (241kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (170kB)
Download (170kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Terjadinya penurunan kualitas jasa lingkungan pada obyek wisata Goa Kreo
dan Waduk Jatibarang, menyebabkan penurunan jumlah pengunjung obyek wisata.
Untuk melakukan perbaikan terhadap layanan jasa lingkungan obyek wisata, membutuhkan biaya tambahan. Biaya tambahan ini direpresentasikan dalam bentuk
kenaikan harga tiket masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Willingness to Pay pengunjung obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang terhadap perbaikan kualitas layanan jasa lingkungan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis apakah variabel bid, jenis kelamin, status pernikaham, usia kuadrat, pendidikan, pendapatan, biaya perjalanan, serta biaya perjalanan obyek wisata lain mempengaruhi nilai Willingness to Pay.
Data penelitian ini yaitu, data primer yang diperoleh melalui wawancara
dengan kuesioner kepada pengunjung obyek wisata Goa Kreo dan Waduk
Jatibarang, pada periode April-Mei tahun 2022 sebanyak 100 orang, yang
ditentukan dengan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah CVM dengan teknik referendum (Single-Bounded DC CVM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64 orang responden bersedia
membayar dan 36 orang responden tidak bersedia membayar. Nilai rata-rata WTP sebesar Rp22.700 dengan interval Rp14.000 sampai Rp31.000. Variabel yang mempengaruhi nilai WTP yaitu bid, jenis kelamin, usia kuadrat, pendidikan dan biaya perjalanan. Sedangkan variabel status pernikahan, pendapatan, dan biaya perjalanan obyek wisata lain tidak mempengaruhi nilai WTP.
Keywords : | Quality of environmental services, Willingness to Pay, CVM, Kualitas jasa lingkungan, Willingness to Pay, CVM |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Rifana Hemasdevy |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 04:10 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 04:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11536 |