VALUASI EKONOMI: WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG OBYEK WISATA GOA KREO DAN WADUK JATIBARANG, KOTA SEMARANG

HEMASDEVY, Rifana and KIRANA, Mayanggita,(26 July 2022), VALUASI EKONOMI: WILLINGNESS TO PAY PENGUNJUNG OBYEK WISATA GOA KREO DAN WADUK JATIBARANG, KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (241kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (170kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya penurunan kualitas jasa lingkungan pada obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, menyebabkan penurunan jumlah pengunjung obyek wisata. Untuk melakukan perbaikan terhadap layanan jasa lingkungan obyek wisata, membutuhkan biaya tambahan. Biaya tambahan ini direpresentasikan dalam bentuk kenaikan harga tiket masuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai Willingness to Pay pengunjung obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang terhadap perbaikan kualitas layanan jasa lingkungan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis apakah variabel bid, jenis kelamin, status pernikaham, usia kuadrat, pendidikan, pendapatan, biaya perjalanan, serta biaya perjalanan obyek wisata lain mempengaruhi nilai Willingness to Pay. Data penelitian ini yaitu, data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kuesioner kepada pengunjung obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang, pada periode April-Mei tahun 2022 sebanyak 100 orang, yang ditentukan dengan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah CVM dengan teknik referendum (Single-Bounded DC CVM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64 orang responden bersedia membayar dan 36 orang responden tidak bersedia membayar. Nilai rata-rata WTP sebesar Rp22.700 dengan interval Rp14.000 sampai Rp31.000. Variabel yang mempengaruhi nilai WTP yaitu bid, jenis kelamin, usia kuadrat, pendidikan dan biaya perjalanan. Sedangkan variabel status pernikahan, pendapatan, dan biaya perjalanan obyek wisata lain tidak mempengaruhi nilai WTP.
Keywords : Quality of environmental services, Willingness to Pay, CVM, Kualitas jasa lingkungan, Willingness to Pay, CVM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Rifana Hemasdevy
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:10
Last Modified: 20 Sep 2022 04:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11536

Actions (login required)

View Item
View Item