MODEL DETERMINAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN PLATFORM CROWDFUNDING: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANED BEHAVIOR (TPB) (Studi Pada Masyarakat Muslim Milenial Pengguna Platform Crowdunding Kitabisa.com)

SUFYAN, Yusuf and MAS'UD, Fuad,(30 August 2022), MODEL DETERMINAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN PLATFORM CROWDFUNDING: PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANED BEHAVIOR (TPB) (Studi Pada Masyarakat Muslim Milenial Pengguna Platform Crowdunding Kitabisa.com). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan penggunaan platform crowdfunding kitabisa.com dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planed Behavior (TPB). Teknik sampling dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Proses pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner oleh 270 responden, dimana responden merupakan masyarakat mulim milenial yang pernah menggunakan platform crowdfunding kitabisa.com. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang diadopsi dari TPB yaitu Preceived Behavioral Control (PBC), sikap terhadap penggunaan dan norma subjektif memiliki pengaruh postif dan signifikan terhadap minat penggunaan platform crowdfunding kitabisa.com. Sementara variabel yang diadopsi dari TAM, persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan sedangkan persepsi kegunaan tidak memiliki pengaruh terhadap minat penggunaan platform crowdfunding kitabisa.com. Kemudian, minat menggunakan platform crowdfunding kitabisa.com berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan platform crowdfunding kitabisa.com.
Keywords : TAM, TPB, intention to use, use behavior, SEM, TAM, TPB, minat penggunaan, keputusan penggunaan, SEM
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Yusuf Sufyan
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:55
Last Modified: 21 Sep 2022 05:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item
View Item