ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, PENDAPATAN, NORMA SUBJEKTIF, TINGKAT PENDIDIKAN DAN AKSES MEDIA INFORMASI TERHADAP MINAT BERWAKAF TUNAI (Studi Generasi Milenial di Kota DKI Jakarta)

KASWORO, Jery and SANTOSA, Purbayu Budi,(13 September 2022), ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN, RELIGIUSITAS, PENDAPATAN, NORMA SUBJEKTIF, TINGKAT PENDIDIKAN DAN AKSES MEDIA INFORMASI TERHADAP MINAT BERWAKAF TUNAI (Studi Generasi Milenial di Kota DKI Jakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (115kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (236kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan ekonomi yang terjadi di kota Jakarta lebih banyak mengenai rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat. Wakaf tunai dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan umat, pemanfaatan dana wakaf tunai untuk modal usaha pada sektor ekonomi sehingga dapat terjadi pemerataan pendapatan. Jakarta memiliki potensi wakaf tunai yang cukup tinggi dan jumlah potensi dana wakaf tunai di Jakarta setiap tahun mencapai angka 4,98 milyar rupiah. Tetapi sangat disayangkan realisasi wakaf tunai di Jakarta rata-rata hanya berkisar 1,2 milyar rupiah setiap tahun. Sebagai generasi yang memiliki jumlah populasi yang banyak di Jakarta, generasi milenial mampu mendorong realisasi jumlah potensi dana wakaf tunai yang ada di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi milenial muslim di Jakarta untuk melakukan wakaf tunai. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian data dengan menggunakan program SPSS 22. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang dengan menggunakan probability sampling yang mana metode pengumpulan datanya dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan tidak berpengaruh terhadap minat generasi milenial muslim di Jakarta dalam melakukan wakaf tunai. Sementara secara parsial religiusitas, pendapatan, norma subjektif, tingkat pendidikan dan akses media informasi berpengaruh terhadap minat generasi milenial muslim di Jakarta dalam melakukan wakaf tunai. Sedangkan secara simultan pengetahuan, religiusitas, pendapatan, norma subjektif, tingkat pendidikan dan akses media informasi berpengaruh positif terhadap minat generasi milenial musli di Jakarta dalam melakukan wakaf tunai.
Keywords : cash waqf, knowledge, religiosity, income, subjective norms, education level, and access to information media., wakaf tunai, pengetahuan, religiusitas, pendapatan, norma subjektif, tingkat pendidikan dan akses media informasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Jery Kasworo
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:57
Last Modified: 23 Sep 2022 07:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11563

Actions (login required)

View Item
View Item