ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CITRA MEREK TERHADAP CONSUMER TRUST DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang)

PAKPAHAN, Emi Yanti and IDRIS, Idris,(19 September 2022), ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CITRA MEREK TERHADAP CONSUMER TRUST DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (171kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Online Customer Review hadir sebagai penghubung antara konsumen dan dan informasi produk online yang dapat dilihat melalui gambar dan deskripsi yang diberikan oleh konsumen lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penelitian empiris untuk mengatasi kesenjangan antara review pelanggan online dan kepercayaan konsumen untuk menciptakan lebih banyak konsumen melalui keputusan pembelian. Penelitian diawali dengan mengembangkan kerangka penelitian yang menganalisis hubungan antara online customer review, citra merek, keputusan pembelian, dan kepercayaan konsumen berdasarkan teori consumer culture dan expectation confirmation. Pengambilan data melibatkan 147 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling dengan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia, berdomisili di Semarang berusia lebih dari delapan belas tahun, dan pernah melakukan pembelian minimal satu kali. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 24 sebagai alat analisis. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek juga secara signfikan meningkatkan keputusan pembelian, terakhir, kepercayaan konsumen pun terbukti dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh keputusan pembelian. Oleh karena itu, semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Temuan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan oleh Tokopedia untuk meningkatkan kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen.
Keywords : Online Customer Review, Brand Image, Consumer Trust, Purchase Decision, Ulasan Pelanggan, Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Emi Yanti Pakpahan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:34
Last Modified: 18 Nov 2022 09:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11633

Actions (login required)

View Item
View Item