PAKPAHAN, Emi Yanti and IDRIS, Idris,(19 September 2022), ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN CITRA MEREK TERHADAP CONSUMER TRUST DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Tokopedia di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (117kB)
Download (117kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (87kB)
Download (87kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (171kB)
Download (171kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Online Customer Review hadir sebagai penghubung antara konsumen dan dan informasi produk online yang dapat dilihat melalui gambar dan deskripsi yang diberikan oleh konsumen lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penelitian empiris untuk mengatasi kesenjangan antara review pelanggan online dan kepercayaan konsumen untuk menciptakan lebih banyak konsumen melalui keputusan pembelian.
Penelitian diawali dengan mengembangkan kerangka penelitian yang menganalisis hubungan antara online customer review, citra merek, keputusan pembelian, dan kepercayaan konsumen berdasarkan teori consumer culture dan expectation confirmation. Pengambilan data melibatkan 147 responden yang dipilih dengan metode purposive sampling dengan kuesioner yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Tokopedia, berdomisili di Semarang berusia lebih dari delapan belas tahun, dan pernah melakukan pembelian minimal satu kali. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Analysis Moment of Structural (AMOS) versi 24 sebagai alat analisis.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa online customer review memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek juga secara signfikan meningkatkan keputusan pembelian, terakhir, kepercayaan konsumen pun terbukti dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh keputusan pembelian. Oleh karena itu, semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Temuan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan oleh Tokopedia untuk meningkatkan kepercayaan dan keputusan pembelian konsumen.
Keywords : | Online Customer Review, Brand Image, Consumer Trust, Purchase Decision, Ulasan Pelanggan, Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Emi Yanti Pakpahan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 02:34 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 09:19 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11633 |