CHANDRIKA, Zia Aryana and MARWINI, Marwini,(16 September 2022), ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, COMPULSIVE BUYING BEHAVIOR, RELIGIUSITAS, FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU BERHUTANG PADA PEMBELIAN MERCHANDISE KOREAN POP (Studi Kasus Siswa Sekolah Menengah Atas Islam di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (COVER)
- Published Version
Download (39kB)
Download (39kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (147kB)
Download (147kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (147kB)
Download (147kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (214kB)
Download (214kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (416kB)
Download (416kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Arus perkembangan budaya Korea Selatan yang pesat kian menjadi populer di
masyarakat dunia. Perkembangan budaya Korea Selatan berakibat budaya Korea
Selatan menjadi populer salah satunya adalah K-Pop. Secara perlahan budaya Korea
Selatan membawa pengaruh bagi gaya hidup masyarakat Indonesia khususnya generasi
Z. Para penggemar akan melakukan segala sesuatu untuk mendapatkan kesenangan dan
kepuasan, salah satunya adalah membeli merchandise idola. Namun, kerap kali
penggemar membeli merchandise secara berlebihan. Hal tersebut tidak sesuai dengan
ajaran agama Islam, karena aktivitas berbelanja yang berlebihan merupakan tindakan
yang boros dan kikir. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh
perilaku berbelanja merchandise K-Pop siswa SMA berbasis Islam terhadap perilaku
berhutang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis
regresi linear berganda. Jumlah responden adalah 100 responden yang beragama Islam,
bersekolah di SMA Islam Kota Semarang, dan pernah membeli merchandise K-Pop.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan taraf
signifikansi < 0,05 pada variabel gaya hidup, compulsive buying behavior, religiusitas,
dan financial management behavior.
Keywords : | debt behavior, Lifestyle, Compulsive Buying Behavior, Religiosity, Financial Management Behavior, Perilaku Berhutang, Gaya Hidup, Compulsive Buying Behavior, Religiusitas, Financial Management Behavior |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Chandrika Zia Aryana |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 01:10 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 01:10 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11647 |